%0 Thesis %9 S1 %A Sukmawan, Muhammad Zulfa %A Budi Aryanto, M.Pd., %B Pendidikan Kepelatihan Olahraga %D 2020 %F UNY:68689 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan %K Bola Basket Boyolali, Kuisioner Anngket, Pembinaan, Layanan, Peranan Pemerintah Kabupaten %T KUALITAS LAYANAN PENGKAB BOYOLALI TERHADAP PEMBINAAN BOLA BASKET KABUPATEN BOYOLALI %U http://eprints.uny.ac.id/68689/ %X Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kualitas layanan pembinaan bola basket Boyolali dilihat dari kurangnya perkembangan dan kemajuan bola basket di Kabupaten Boyolali dan peranan Pemerintah Kabupaten (PEMKAB) Boyolali untuk memajukan bola basket di Boyolali. Penelitian ini meneliti tentang peranan Pemerintah Kabupaten (PEMKAB) Boyolali dalam kualitas pelayanan bola basket di Kabupaten Boyolali dengan metode angket kepuasan masyarakat Kecamatan Wonosegoro dan Kecamatan Teras, Atlet bola basket Kabupaten Boyolali dari SMA N 3 Boyolali dan SMA N 1 Banyudono. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuisioner (angket), dengan skala likert, Angket tersebut berisi pertanyaan-pertanyaan dengan lima jawaba: SS (sangat setuju), S (setuju), R (ragu), TS (tidak setuju), STS (sangat tidak setuju). Tangibles (Sarara dan prasarana) yang diberikan kepada masyarakat dan atlet bola basket Boyolali perlu ditingkatkan karena belum memuaskan dalam kategori “netral” 41% (41 orang). Reliability (kinerja dan pelayanan pengurus bola basket Kab. Boyolali) perlu dipertahankan karena masyarakat dalam kategori “setuju” 34% (34 orang) dengan kinerja yang dilakukan oleh pengurus bola basket Boyolali. Responsivness (Respon pengurus bola basket Kab. Boyolali untuk memajukan bola basket Kab. Boyolali) harus ditingkatkan karena dalam kategori “netral” 37% (37 orang). Empaty (Kemudahan dalam komunikasi) harus dipertahankan karena mudahnya berkomunikasi membuat responden menjawab terbanyak dalam kategori kategori “setuju” 34% (34 orang).