relation: http://eprints.uny.ac.id/68663/ title: Pengembangan Paper-based test (PBT) dan Computer-based test (CBT) untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Fisika dan Minat Peserta Didik SMA di Kabupaten Kulonprogo. creator: Asysyifa, Diena Shulhu creator: Istiyono, Edi subject: Fisika description: Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan instrumen tes critical thinking skills dalam bentuk PBT yang layak; 2) mengembangkan media CBT yang layak; 3) mengetahui minat belajar peserta didik menggunakan PBT dan CBT; 4) mengetahui pemetaan hasil tes menggunakan PBT dan CBT untuk mengukur critical thinking skills. Produk dikembangkan dengan menggabungkan model Oriondo dan Antonio untuk bank soal, serta model 4-D untuk media CBT. Tahapan yang dilakukan meliputi: 1) define: studi pendahuluan, perencanaan bank soal dan pendefinisan media CBT; 2) design: penulisan butir soal dan desain awal CBT; 3) develop: validasi bank soal, ujicoba terbatas bank soal, pengembangan CBT, input bank soal ke dalam CBT dan implementasi PhysCriThiS dan CBT-PhysCriThiS; 4) disseminate: evaluasi, pengemasan produk akhir dan penyebaran. Penelitian dilakukan di SMA/MA yang berada di Kabupaten Kulonprogo. Sampel ujicoba melibatkan 249 peserta didik yang dipilih menggunakan teknik cluster sampling sedangkan implementasi pengukuran melibatkan 408 peserta didik. Analisis data dilakukan dengan menggunakan pendekatan teori respon butir politomus model PCM memanfaatkan program PARSCALE 4.1 dan QUEST. Analisis validitas isi oleh ahli terhitung sangat tinggi berdasarkan formula Aiken dan semua asumsi teori respon butir dinyatakan telah terpenuhi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) keseluruhan butir bank soal PhysCriThiS fit dengan model PCM, tingkat kesukaran berada pada rentang -1,16 hingga 0,77, berdasarkan fungsi informasi dan SEM, tes cocok diberikan untuk kemampuan −1,4 < θ < 3,0 . 2) media CBT-PhysCriThiS dinyatakan valid melalui validitas isi dengan indeks V Aiken pada interval 0,87-1,00. CBT-PhysCriThiS memanfaatkan komputer terintegrasi algoritma teori respon butir. 3) Minat terhadap pembelajaran fisika oleh peserta didik yang menggunakan PBT lebih baik daripada yang menggunakan CBT. 4) Hasil pemetaan kemampuan berpikir kritis fisika menggunakan CBT-PhysCriThiS mendapat respon sebesar 76,62%, lebih tinggi dari penggunaan PBT dengan respon 66,58%. date: 2019-10-30 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/68663/1/Cover.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/68663/2/Bab%20I.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/68663/3/Bab%20II.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/68663/4/Bab%20III.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/68663/5/Bab%20IV.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/68663/6/Bab%20V.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/68663/7/Daftar%20Pustaka.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/68663/8/Lampiran.pdf identifier: Asysyifa, Diena Shulhu and Istiyono, Edi (2019) Pengembangan Paper-based test (PBT) dan Computer-based test (CBT) untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Fisika dan Minat Peserta Didik SMA di Kabupaten Kulonprogo. S2 thesis, Program Pascasarjana.