TY - THES AV - public TI - Peningkatan Mindset Berwirausaha dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan melalui Media Pembelajaran "M- Learning" dengan Pendekatan Konstruktivistik. KW - mindset wirausaha KW - hasil belajar KW - prakarya dan kewirausahaan KW - media pembelajaran KW - konstruktivistik M1 - tesis ID - UNY68657 UR - http://eprints.uny.ac.id/68657/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) mindset berwirausaha dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan; (2) peningkatan mindset berwirausaha siswa melalui media pembelajaran M-Learningdengan pendekatan konstruktivistik; (3) peningkatan hasil belajar siswa melalui media pembelajaran M-Learningdengan pendekatan konstruktivistik.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimentsdengan nonequivalent(pretest and post-test). Penelitian dilaksanakan di kelas X Akuntansi 1 sebagai kelas kontrol dan X akuntansi 2 sebagai kelas eksperimen. Analisis data menggunakan independent sample t-tes. Uji validitas dilakukan dengan Confirmatory Factor Analysisdan uji reliabilitas dengan metode Alpha Cronbach.Uji prasyarat meliputi uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pada kelas kontrol nilai pretest mindset berwirausaha pada kategori sedang, nilai posttestnya pada kategori rendah. Pada kelas eksperimen, nilai pretest maupun posttest mindset berwirausaha pada kategori sedang. Dilihat dari rata-ratanya,nilai hasil belajar kelas kontrol meningkat dari 77.66menjadi 79.06, dan termasuk kategori sedang. Pada kelas eksperimen nilairata-ratanyameningkatdari 75.63menjadi 82.19 dan dilihat dari kategori kecenderungan termasuk kategori sangat tinggi. (2) hasil uji t peningkatan mindset wirausaha kelas kontrol dan kelas eksperimenadalah nilai t sebesar 1.192 dengan sig (2-tailed) 0.238 (nilai sig > 0.05)sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan mindset wirausahayang signifikan antara siswa yang menerapkan media pembelajaran ?M-Learning? dengan siswa yang tidak. (3) hasil uji mann whitneypeningkatan hasil belajarkelas kontrol dan kelas eksperimenadalah nilai sig atau P value sebesar 0.024 < 0.05sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajaryang signifikan antara siswa yang menerapkan media pembelajaran ?M-Learning? dengan siswa yang tidak diberikan media pembelajaran. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran m-learning ini mampu meningkatkan hasil belajarsiswa. Y1 - 2019/12/28/ A1 - Yunita, Risqa A1 - Mulyani, Endang PB - Program Pascasarjana ER -