%0 Thesis %9 S2 %A Milawati, Milawati %A Sholeh, Maimun %B Pendidikan Ekonomi %D 2019 %F UNY:68655 %I Program Pascasarjana %K teknologi, inovasi pembelajaran, lingkungan belajar, motivasi belajar, prestasi belajar. %T Pengaruh Penggunaan Teknologi Dan Inovasi Pembelajaran Ekonomi Serta Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa SMA Melalui Motivasi Belajar. %U http://eprints.uny.ac.id/68655/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh penggunaan teknologi, inovasi pembelajaran ekonomi, dan lingkungan belajar baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap prestasi belajar ekonomi siswa melalui motivasi belajar. Jenis penelitan ini adalah asosiatif kausal dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 12 dan SMA Negeri 13 Samarinda dengan jumlah 168 siswa. Adapun sampel diambil sebanyak 118 orang dengan menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner yang telah diuji validitasnya dengan Cofirmatory Factor Analysis dan reliabilitasnya menggunakan Cronbach Alpha. Teknik Analisis data yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan teknologi berpengaruh secara langsung, positif dan signifkan terhadap motivasi belajar siswa sebesar 16,08%. (2) Inovasi pembelajaran ekonomi berpengaruh secara langsung, positif dan signifkan terhadap motivasi belajar siswa sebesar 4,32%. (3) Lingkungan belajar berpengaruh secara langsung, positif dan signifkan terhadap motivasi belajar siswa sebesar 6,1%. (4) Penggunaan teknologi berpengaruh secara langsung, positif dan signifkan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa sebesar 5,2%. (5) Inovasi pembelajaran ekonomi berpengaruh secara langsung, positif dan signifkan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa sebesar 9%. (6) Lingkungan belajar berpengaruh secara langsung, positif dan signifkan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa sebesar 7,24%. (7) Motivasi belajar berpengaruh secara langsung, positif dan signifkan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa sebesar 8,3%. (8) Penggunaan teknologi berpengaruh secara tidak langsung terhadap prestasi belajar siswa melalui motivasi belajar. Adapun besarnya pengaruh tersebut sebesar 11,5%. (9) Inovasi pembelajaran ekonomi berpengaruh secara tidak langsung terhadap prestasi belajar ekonomi siswa melalui motivasi belajar. Adapun besarnya pengaruh tersebut sebesar 6%. (10) Lingkungan belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi siswa secara tidak langsung melalui motivasi belajar. Adapun besarnya pengaruh tersebut sebesar 7,1%. Dari hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknologi, inovasi pembelajaran ekonomi, lingkungan belajar, serta motivasi belajar memiliki pengaruh yang besar dalam pencapaian prestasi belajar ekonomi siswa. Oleh karena itu, untuk memaksimalkan prestasi belajar siswa, maka diperlukan pemanfaatan teknologi, inovasi pembelajaran yang terus dilakukan, serta menyediakan lingkungan belajar yang kondusif agar motivasi belajar siswa meningkat yang akan berdampak pada peningkatan prestasi belajar siswa.