%0 Thesis %9 S1 %A Ningtyas, Dhian Asri %B PGSD %D 2020 %F UNY:68650 %I Fakultas Ilmu Pendidikan %T UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KALIMAT SEDERHANA MELALUI MEDIA GAMBAR BERSERI BERBENTUK POP UP PADA SISWA KELAS II SD N 1 PENGASIH KULON PROGO %U http://eprints.uny.ac.id/68650/ %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis kalimat sederhana melalui media gambar berseri berbentuk pop up. Penelitian dilakukan pada siswa kelas II SD N 1 Pengasih, Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian yaitu siswa kelas II SD N I Pengasih Kulon Progo yang berjumlah 13 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi anekdot dan soal tes keterampilan menulis kalimat sederhana. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah 75% dari jumlah seluruh siswa kelas II SD N 1 Pengasih Kulon Progo mencapai skor 74. Penggunaan media gambar berseri berbentuk pop up dapat meningkatkan keterampilan menulis kalimat sederhana siswa kelas II SD N 1 Pengasih Kulon Progo baik proses maupun hasil pembelajaran. Peningkatan proses dapat dilihat dari keaktifan dan antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran setiap siklus. Peningkatan hasil dapat dilihat dari pencapaian siswa pada setiap indikator keterampilan menulis kalimat sederhana setiap siklus. Peningkatan tersebut dibuktikan dari nilai rata-rata siswa dalam menulis kalimat sederhana pada siklus I 74,2 dan meningkat pada siklus II menjadi 83,34. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media gambar berseri berbentuk pop up dapat meningkatkan keterampilan menulis kalimat sederhana siswa kelas II SD N 1 Pengasih Kulon Progo. Kata kunci: keterampilan menulis kalimat sederhana, gambar berseri berbentuk pop up