eprintid: 68649 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1233 dir: disk0/00/06/86/49 datestamp: 2020-07-29 04:48:47 lastmod: 2020-07-29 04:48:47 status_changed: 2020-07-29 04:48:47 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Kurniawan, Farida title: PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR IPS MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) PADA SISWA KELAS IV SD N SONO BANTUL ispublished: pub subjects: pendidikan_ips subjects: pssd_pgsd divisions: fip_pgsd full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar IPS menggunakan metode pembelajaran course review horay pada siswa kelas IV SD N Sono Bantul. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan model dari Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi: (1) tahap perencanaan, (2) pelaksanaan dan observasi, dan (3) refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N Sono Bantul yang berjumlah 19 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan skala psikologi. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan skala keaktifan belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode course review horay dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IV SD N Sono Bantul dalam mata pelajaran IPS yang ditandai dengan meningkatnya persentase keaktifan belajar siswa. Hasil rata-rata skala keaktifan belajar IPS siswa pada pra siklus adalah 66% dengan kriteria sedang, meningkat pada siklus I menjadi 72% dengan kriteria sedang, dan meningkat pada siklus II menjadi 82% dengan kriteria tinggi. Kata kunci: keaktifan belajar IPS, metode pembelajaran course review horay date: 2020-07-29 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Pendidikan department: PGSD thesis_type: skripsi citation: Kurniawan, Farida (2020) PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR IPS MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) PADA SISWA KELAS IV SD N SONO BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan. document_url: http://eprints.uny.ac.id/68649/1/Farida%20Kurniawan.pdf