@phdthesis{UNY68644, month = {July}, title = {PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK PEMBELAJARAN MUATAN IPA MATERI DAUR HIDUP HEWAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS III SD N HARGOMULYO II GUNUNGKIDUL}, author = {Rindang Rahmatulaila}, school = {Fakultas Ilmu Pendidikan}, year = {2020}, url = {http://eprints.uny.ac.id/68644/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa Media Pop-Up Book Pembelajaran Muatan IPA materi daur hidup hewan yang layak untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas III SD N Hargomulyo II Gunungkidul. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model Borg \& Gall dengan tujuh langkah yaitu penelitian dan pengumpulan data awal (research and information collecting), perencanaan (planning), pengembangan format produk awal (develop preliminary form of a product), uji coba lapangan awal (preliminary field testing), revisi produk awal (main product revision), uji coba lapangan utama (main field testing), dan revisi produk untuk uji operasional (operational product revision). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi need analysis, wawancara, studi pustaka, dokumentasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Pop-Up Book materi daur hidup hewan yang dikembangkan pada kategori layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Hal ini ditunjukkan dari hasil validasi ahli materi kategori sangat layak (4,93). Hasil validasi ahli media kategori sangat layak (4,92). Respon guru menunjukkan media kategori sangat layak (4,85). Respon siswa 98\% menilai Media Pop-Up Book sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Kata kunci: Pop-Up Book, daur hidup hewan, IPA, siswa sekolah dasar} }