<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA TERHADAP KONSEP FPB DAN KPK DENGAN MEDIA DAKOTA DI KELAS IV SD NEGERI PUNUKAN KULON PROGO YOGYAKARTA"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika\r\nkhususnya pada materi FPB dan KPK siswa kelas IV SD Negeri Punukan, Wates,\r\nKulon Progo dengan menggunakan media pembelajaran dakon matematika\r\n(DAKOTA).\r\nJenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek\r\npenelitian adalah 24 siswa kelas IV SD Negeri Punukan. Model penelitian yang\r\ndigunakan adalah model Kemmis dan Mc. Taggart yang meliputi tahap\r\nperencanaan, tindakan dan observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data\r\nmenggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam\r\n2 siklus dimana tiap siklus ada 2 kali pertemuan. Hasil penelitian dijelaskan\r\ndengan analisis deskriptif kuantitatif.\r\nKegiatan pembelajaran menggunakan media dakota untuk memahami\r\nkonsep pemfaktoran, kelipatan, FPB (Faktor Persekutuan Besar), dan KPK\r\n(Kelipatan Persekutuan Kecil). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan\r\nhasil belajar peserta didik pada siklus I dan siklus II. Hasil belajar sebelum\r\ndilakukan tindakan (pretest) menunjukkan hasil 33,3 % peserta didik yang lulus\r\nKKM. Pada siklus I hasil belajar siswa meningkat menjadi 62,5% peserta didik\r\nyang lulus KKM. Lalu, pada siklus II peneliti memperoleh hasil 79,16% peserta\r\ndidik yang lulus KKM. Hal ini menunjukkan penelitian telah mencapai kriteria\r\nkeberhasilan yaitu 75% peserta didik yang mengikuti pembelajaran matematika\r\nmateri FPB dan KPK dengan menggunakan media dakota memperoleh nilai ≥70.\r\nHasil observasi juga menujukkan peningkatan proses pembelajaran. Penilaian\r\nguru pada siklus I menunjukkan hasil 67% meningkat menjadi 90% pada siklus II.\r\nPenilaian siswa pada siklus I menunjukkan hasil 70% meningkat menjadi 90%\r\npada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media\r\ndakota pada kegiatan pembelajaran matematika materi FPB dan KPK dapat\r\nmeningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Punukan.\r\n\r\nKata kunci: matematika, FPB dan KPK, hasil belajar, dakota."^^ . "2020-07-27" . . . "Fakultas Ilmu Pendidikan"^^ . . . "PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan"^^ . . . . . . . . . "Ranny Dwi"^^ . "Agustin"^^ . "Ranny Dwi Agustin"^^ . . . . . . "PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA TERHADAP KONSEP FPB DAN KPK DENGAN MEDIA DAKOTA DI KELAS IV SD NEGERI PUNUKAN KULON PROGO YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . "PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA TERHADAP KONSEP FPB DAN KPK DENGAN MEDIA DAKOTA DI KELAS IV SD NEGERI PUNUKAN KULON PROGO YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA TERHADAP KONSEP FPB DAN KPK DENGAN MEDIA DAKOTA DI KELAS IV SD NEGERI PUNUKAN KULON PROGO YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA TERHADAP KONSEP FPB DAN KPK DENGAN MEDIA DAKOTA DI KELAS IV SD NEGERI PUNUKAN KULON PROGO YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA TERHADAP KONSEP FPB DAN KPK DENGAN MEDIA DAKOTA DI KELAS IV SD NEGERI PUNUKAN KULON PROGO YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA TERHADAP KONSEP FPB DAN KPK DENGAN MEDIA DAKOTA DI KELAS IV SD NEGERI PUNUKAN KULON PROGO YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #68626 \n\nPENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA TERHADAP KONSEP FPB DAN KPK DENGAN MEDIA DAKOTA DI KELAS IV SD NEGERI PUNUKAN KULON PROGO YOGYAKARTA\n\n" . "text/html" . . . "Matematika"@en . . . "Pendidikan Guru Sekolah Dasar" . .