@phdthesis{UNY68622, school = {Fakultas Ilmu Keolahragaan}, title = {PERSEPSI SISWA KELAS X IPS TERHADAP PEMBELAJARAN RENANG DI SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2019/2020}, author = {Tifani Tri Afrilia}, year = {2020}, url = {http://eprints.uny.ac.id/68622/}, keywords = {persepsi, pembelajaran renang, siswa}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa positif persepsi siswa kelas X IPS terhadap pembelajaran renang di SMA N 4 Yogyakarta tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Instrumen yang digunakan adalah angket persepsi siswa terhadap pembelajaran renang pada kelas X SMA N 4 Yogyakarta tahun ajaran 2019/2020. Validasi data menggunakan rumus product moment dengan r hit {\ensuremath{>}} r tab (0,234). Reliabilitas menggunakan cronbach alpha yaitu reliabilitas 0,870. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS sebanyak 71 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dengan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian secara keseluruhan disimpulkan bahwa persepsi siswa terhadap pembelajaran renang pada kelas X SMA N 4 Yogyakarta tahun ajaran 2019/2020 dalam kategori positif sebesar 66,2 \% dengan hasil presentase faktor internal sejumlah sangat positif 9,9 \%, positif 23,9 \%, dan sedang 32,4 \%. Sedangkan persepsi untuk kategori negatif sebesar 33,8 \% dengan hasil presentase faktor eksternal sejumlah negatif 29,6 \% dan sangat negatif 4,2 \%. Sehingga dapat dikatakan persepsi siswa kelas X SMA N 4 Yogyakarta kategori positif.} }