TY - THES A1 - Utami, Vina Aprillia PB - Fakultas Ilmu Pendidikan Y1 - 2020/07/27/ N2 - Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan belum digunakannya media pembelajaran dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan langkah-langkah sistematis mengembangkan dan menghasilkan multimedia pembelajaran berbasis Ispring interaktif. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D). Penelitian ini menggunakan prosedur pengembangan dari Borg & Gall yang terdiri dari 7 langkah dari 10 langkah yaitu, 1) pengumpulan data, 2) perencanaan pembuatan produk, 3) pengembangan produk awal, 4) uji coba lapangan awal, 5) revisi produk uji coba lapangan awal, 6) uji coba lapangan utama, dan 7) revisi produk uji coba lapangan utama. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket analisis kebutuhan, studi pustaka, dan angket. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan media Ispring interaktif layak digunakan di sekolah dasar untuk siswa kelas IV. Produk penelitian melalui tahap perencanaan, penilaian validasi oleh ahli materi dan ahli media, uji coba lapangan awal, dan uji coba lapangan utama. Hasil validasi materi memperoleh skor rata-rata 4.1 dengan kriteria ?baik?. Validasi media dilaksanakan sebanyak dua kali, hasil validasi media yang kedua mendapatkan skor rata-rata 4.56 dengan kriteria ?sangat baik?. Hasil uji coba lapangan awal memperoleh skor rata-rata 4.8 dengan kriteria ?sangat baik?, hasil penilaian guru terhadap media yang dikembangkan memperoleh skor rata-rata 5 dengan kriteria ?sangat baik?. Uji coba lapangan utama memperoleh skor rata-rata 4.5778 dengan kriteria ?sangat baik?. Kata kunci: ispring, keragaman, kelas IV UR - http://eprints.uny.ac.id/68612/ TI - PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ISPRING PADA MATA PELAJARAN IPS BAGI SISWA KELAS IV A SD NEGERI JONGKANG, NGAGLIK, SLEMAN, YOGYAKARTA AV - restricted ID - UNY68612 M1 - skripsi ER -