%0 Thesis %9 S1 %A Utami, Kristi %A Dr. Yudanto, M.Pd., %B Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi %D 2020 %F UNY:68603 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan %K Permainan Sirkuit, Gerak Dasar Lokomotor, Siswa Kelas Bawah %T PENGEMBANGAN MODEL AKTIVITAS JASMANI MELALUI PERMAINAN SIRKUIT UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN GERAK DASAR LOKOMOTOR SISWA KELAS BAWAH %U http://eprints.uny.ac.id/68603/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk yang berupa model aktivitas jasmani melalui permainan sirkuit untuk mengembangkan kemampuan gerak dasar lokomotor siswa kelas bawah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan dalam penelitian ini berupa model prosedur yang bersifat deskriptif, karena dalam penelitian ini menggunakan lagkah-langkah yang harus diikuiti untuk menghasilkan sebuah produk berupa model aktivitas jasmani permainan sirkuit untuk mengembangkan kemampuan gerak dasar lokomotor siswa kelas bawah. Prosedur atau langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu: 1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan, 2) mengembangakan produk awal, 3) uji validasi ahli dan uji reabilitas produk, 4) uji coba skala kecil dan luas, 5) revisi produk, 6) penyusunan produk final. Uji validasi menggunakan validasi isi dan uji reabilitas menggunakan Indeks Kesesuaian Kasar (Crude Index Agreemnt), hasil uji reabilitas memperoleh koefisien 0,750-0,812. Hasil dari rubrik penilaian juga menunjukkan tuntasnya kemampuan siswa pada tiap aspek (KKM=75). Uji coba skala kecil dilakukan di SD Negeri Karangjati dan uji coba skala besar dilakukan di SD Negeri Mlesen dan MI Husnayain Sleman. Hasil akhir dalam penelitian ini berupa aktivitas jasmani melalui permainan sirkuit yang terdiri dari: 1) mempersiapkan tempat dan peralatan, 2) kegiatan awal/pemanasan, 3) kegiatan inti yang terdiri dari 5 pos permainan yaitu Lampu Lalu Lintas, Topi Kerucutku, Balap Engklek, Tongkat berjalan, dan Terowongan Bola, 4) kegiatan penutup/pendinginan.