%T PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN OLEH GURU PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN GODEAN %D 2021 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan %L UNY68577 %O Dosen Pembimbing: Saryono, S.Pd.Jas., M.Or. %A Annisa Kusumawati %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa baik pemanfaatan media pembelajaran oleh guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Godean. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket online. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan yang mengajar di SD Negeri se-Kecamatan Godean. Populasi penelitian ini adalah 20 orang guru PJOK di SD Negeri se-Kecamatan Godean, kemudian sampel dari penelitian ini adalah sampel populasi yaitu 20 orang guru PJOK di SD Negeri se-Kecamatan Godean. Analisis data ini menggunakan teknik deskriptif dalam bentuk presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; pemanfaatan media pembelajaran pada guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Godean Kabupaten Sleman berada pada kategori “Sangat Kurang” sebesar 5,00% (1 guru), kategori “kurang” sebesar 20,00% (4 guru), kategori “sedang” sebesar 30,00% (6 guru), kategori “baik” sebesar 35,00% (7 guru), kategori “sangat baik” sebesar 10,00% (2 guru). Berdasarkan data di atas maka pemanfaatan media pembelajaran dari berbagai faktor guru secara umum sudah menggunakan media pembelajaran secara baik dan variatif, akan tetapi pada pemanfaatan media berbasis komputer hasilnya masih “kurang” karena berdasarkan pendapat salah satu guru PJOK dalam menyusun pembelajaran menggunakan media komputer membutuhkan waktu yang lama selain itu membutuhkan aplikasi tambahan pada handphone peserta didik. %K media pembelajaran, guru pendidikan jasmani, SD Negeri se-Kecamatan Godean