@phdthesis{UNY68569, title = {TINGKAT PENGETAHUAN GURU PENJAS SMP NEGERI DALAM MENYUSUN INSTRUMEN TES KETERAMPILAN PSIKOMOTOR SE- KOTA YOGYAKARTA}, school = {Fakultas Ilmu Keolahragaan}, author = {Juni Alwiyanto}, month = {June}, year = {2020}, note = {Dosen Pembimbing: Danang Pujo Broto, M.Or.}, keywords = {keterampilan psikomotor, tes keterampilan}, url = {http://eprints.uny.ac.id/68569/}, abstract = {Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengetahuan Guru pendidikan jasmani sekolah menengah pertama negeri dalam menyusun instrumen tes keterampilan psikomotor se-Kota Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Guru pendidikan jasmani SMP Negeri se-Kota Yogyakarta yang berjumlah 16 orang. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan soal pilihan ganda untuk memperoleh data jawaban dari responden. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik statistik deskriptif dengan rumus presentase. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa tingkat pengetahuan Guru pendidikan jasmani SMP Negeri dalam menyusun instrumen tes keterampilan psikomotor se-Kota Yogyakarta dalam kategori sangat tinggi 6,25\% (1 orang), pada kategori tinggi sebesar 25\% (4 orang), kategori cukup 37,50\% (6 orang), kategori rendah 31,25\% (5 orang), dan pada kategori sangat rendah 0\% (0 orang). Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa tingkat pengetahuan guru pendidikan jasmani SMP Negeri dalam menyusun instrumen tes keterampilan psikomotor se-Kota Yogyakarta berdasarkan 4 aspek yaitu konsep dasar evaluasi, penilaian kompetensi keterampilan, kriteria alat evaluasi PJOK dan prosedur penyusunan tes PJOK mempunyai pengetahuan yang cukup baik.} }