%0 Thesis %9 S1 %A Panuntun, Erwin Dwi %A Dr. Sri Winarni, M.Pd., %B PGSD Penjas %D 2020 %F UNY:68534 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan %K pendekatan saintifik, pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan %T IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN PJOK DI SD NEGERI SE-KECAMATAN WATES %U http://eprints.uny.ac.id/68534/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendekatan saintifik pada pembelajaran PJOK di SD Negeri se-Kecamatan Wates. Penelitian ini merupakan penelitian campuran (mixed methods). Populasi yang digunakan adalah guru PJOK di SD Negeri se-Kecamatan Wates yang berjumlah 29 sekolah dasar. Teknik sampling dalam penelitian adalah random sampling. Sampel diambil dari 6 sekolah dasar dari masing-masing wilayah, yaitu bagian utara SD Negeri 2 Wates dan SD Negeri Gadingan, bagian selatan SD Negeri Graulan dan SD Negeri 6 Bendungan, baian barat SD Negeri Conegaran dan SD Negeri Karangwuni, sehingga sampel berjumlah 6 guru Instrumen penelitian yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah lembar observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dari Miles & Huberman dan deskriptif kuantitatif dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendekatan saintifik pada pembelajaran PJOK di SD Negeri se-Kecamatan Wates berada pada kategori baik. Guru PJOK sudah merencanakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan Pendekatan Santifik dan Problem-based Learning. Adapun kegiatan perencanaan pembelajaran yang dilakukan guru adalah mengkaji silabus, buku guru dan menyusun RPP dengan menjabarkan langkah kegiatan pendekatan saintifik akan tetapi belum sesuai dengan dengan aturan. Pelaksanaan kegiatan 5M belum maksimal, karena kurangnya pemahaman guru untuk mengembangkan kegiatan dalam 5M. Guru PJOK sudah menggunakan penilaian autentik untuk menilai kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan peserta didik dalam kegiatan mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan. Namun, guru jarang menggunakan pedoman penskoran karena kurangnya pemahaman guru tentang hal tersebut. %Z Dosen Pembimbing: Dr. Sri Winarni, M.Pd.