%X Penelitian ini dilatarbelakangi belum diketahuinya seberapa besar tingkat pengetahuan siswa tentang permainan sepakbola. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan siswa kelas V terhadap permainan sepakbola di SD Muhammadiyah Karangkajen Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah adalah survei dan teknik pengumpulan data menggunakan tes pengetahuan. Instrumen yang telah tersusun tersebut dikonsultasikan kepada dosen ahli, selanjutnya di uji validitas menggunakan rumus product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach. Subjek penelitian ini sejumlah 118 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan siswa kelas V terhadap permainan sepakbola di SD Muhammadiyah Karagkajen Yogyakarta adalah kategori sangat tinggi yaitu sebanyak 87 siswa (73,33%). Kemudian yang menjawab dalam kategori tinggi sebanyak 26 siswa (22,03%), yang masuk dalam kategori cukup sebanyak 4 siswa (3,39%), yang masuk kategori rendah sebanyak 1 siswa (0,85%). Sedangkan yang menjawab dalam kategori sangat rendah sebanyak 0 siswa (0%). %D 2021 %A Niki Putri Kunanti %T TINGKAT PENGETAHUAN SISWA KELAS V TENTANG PERMAINAN SEPAKBOLA DI SD MUHAMMADIYAH KARANGKAJEN YOGYAKARTA %O Dosen Pembimbing: Dr. Yudanto, M.Pd. %I Fakultas Ilmu Keolahragaan %L UNY68520 %K tingkat pengetahuan, permainan sepakbola