%0 Journal Article %A Budiman, Farid Rahmad %A Permatasari, Honesty Hidayah Nur %D 2019 %F UNY:68455 %I FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta %J Prosiding Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika 2019 %K mobile learning, android, pembelajaran fisika, revolusi industri 4.0, hasil belajar, pemahaman. %P 24-27 %T Penerapan Mobile Learning Berbasis Android dalam Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa dalam Rangka Menghadapi Revolusi Industri 4.0 %U http://eprints.uny.ac.id/68455/ %X Revolusi industri 4.0 menjadi tantangan bagi beberapa bidang ilmu pendidikan, salah satunya adalah bidang pendidikan fisika. Dengan adanya revolusi industri 4.0 mendorong teknologi untuk berkembang secara pesat. Perkembangan teknologi ini juga mendorong meningkatnya jumlah pengguna smartphone, hal ini menunjukkan bahwa semua bagian kehidupan masyarakat tidak bisa lepas dari pengaruh teknologi, termasuk dunia pendidikan. Dalam dunia pendidikan baik peserta didik maupun guru dituntut untuk selalu mengikuti perkembangan zaman, oleh karena itu muncullah istilah Mobile Learning. Mobile Learning menjadi salah satu upaya yang dilakukan di bidang pendidikan untuk menghadapi perkembangan teknologi yang ada, yaitu dengan memanfaatkan perangkat seluler atau smartphone sebagai alat atau media pembelajaran. Dalam makalah ini akan membahas tentang penerapan mobile learning berbasis android sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan studi literature, yaitu dengan merangkum dan mereview beberapa penelitian yang pernah dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan serta menginterpretasikan informasi yang relevan terkait penerapan mobile learning berbasis android dalam pembelajaran fisika untuk meningkatkan pemahaman siswa. Berdasarkan hasil analisis literature dapat disimpulkan bahwa penerapan mobile learning sebagai media pembelajaran berpengaruh terhadap tingkat pemahaman serta hasil belajar peserta didik.