TY - THES N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penghambat guru pendidikan jasmani dalam pembelajaran pendidikan adaptif Anak Berkebutuhan Khusus di SLB Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei. Instrumen atau alat yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket tertutup bagi Guru Pendidikan Jasmani di SLB Kota Yogyakarta. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 9 Guru Pendidikan Jasmani di SLB Kota Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yaitu peneliti memberikan angket kepada responden, setelah memperoleh data penelitian data diolah. Teknik analisis data mengunakan analisis deskriptif statistik yaitu dari angket yang berhasil dikumpulkan kemudian dianalisis dengan menggunakan persentase. Hasil dalam penelitian ini faktor penghambat guru Pendidikan Jasmani tentang pembelajaran adaptif anak berkebutuhan khusus di SLB Kota Yogyakarta, yang terbagi dalam dua faktor, yaitu faktor internal meliputi faktor jasmaniah/fisik dan faktor psikologis, faktor eksternal meliputi sarana dan prasarana, hubungan sosial, bahan materi, kemampuan dan keterampilan. Secara rinci hasil yang paling menghambat dari Faktor Internal yaitu Faktor Jasmaniah/Fisik ?menghambat? (66,67%) dan hasil paling menghambat dari Faktor Eksternal yaitu Bahan Materi ?menghambat? (55,56%), dan Kemampuan dan keterampilan ?menghambat? (55,56%). Y1 - 2020/// PB - Fakultas Ilmu Keolahragaan A1 - Purnama, Hanistya Nurwinda M1 - skripsi ID - UNY68428 TI - FAKTOR PENGHAMBAT GURU PENDIDIKAN JASMANI TENTANG PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI ADAPTIF ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB KOTA YOGYAKARTA AV - public KW - Hambatan KW - Pembelajaran UR - http://eprints.uny.ac.id/68428/ ER -