%L UNY68382 %X Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penerapan peraturan (rules) dan rutinitas (routines) dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani di SMP Negeri se- Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah survei. Subjek dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Jasmani di SMP Negeri se- Kabupaten Kulon Progo yang berjumlah 36 sekolah. Teknik pengambilan sampel yaitu total sampling, sehingga sampel berjumlah 36 guru. Instrumen penelitian ini berupa angket yang sudah diujicobakan, angket penerapan peraturan (rules) koefisien validitas sebesar 0,925 dan koefisien reliabilitas sebesar 0,991, sedangkan angket rutinitas (routines) koefisien validitas sebesar 0,925 dan koefisien reliabilitas sebesar 0,987. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang disajikan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan peraturan (rules) dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani di SMP Negeri se- Kabupaten Kulon Progo berada pada kategori “sangat kurang” sebesar 0% (0 guru), “kurang” sebesar 0% (0 guru), “cukup” sebesar 50,00% (18 guru), “baik” sebesar 50,00% (18 guru), dan “sangat baik” sebesar 0,00% (0 guru). (2) Penerapan rutinitas (routines) dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani di SMP Negeri se- Kabupaten Kulon Progo berada pada kategori “sangat kurang” sebesar 0% (0 guru), “kurang” sebesar 2,78% (1 guru), “cukup” sebesar 47,22% (17 guru), “baik” sebesar 47,22% (17 guru), dan “sangat baik” sebesar 2,78% (1 guru). %A Pamungkas Jati Lindhu Aji %K peraturan (rules), rutinitas (routines), Pendidikan Jasmani %T IDENTIFIKASI PENERAPAN PERATURAN (RULES) DAN RUTINITAS (ROUTINES) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SMP NEGERI SE- KABUPATEN KULON PROGO %D 2020 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan