TY - THES ID - UNY68352 M1 - skripsi TI - PROBLEM IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI KELAS V SD NEGERI GEMBONGAN AV - restricted UR - http://eprints.uny.ac.id/68352/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan problem implementasi pendidikan karakter disiplin dalam proses pembelajaran di kelas v SD Negeri Gembongan, Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas 5 SD Negeri Gembongan. Informan penelitian diambil dari siswa dan guru kelas 5 dan kepala sekolah SD Negeri Gembongan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan langkah?langkah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa problem implementasi pendidikan karakter disiplin dalam proses pembelajaran di kelas V SD Negeri Gembongan dapat dilihat dari 3 aspek yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Problem dalam perencanaan pembelalajaran yaitu guru masih bingung dalam mempersiapkan pembelajaran mulai dari silabus, RPP, dan bahan ajar yang bermuatan karakter disiplin. Problem dalam pelaksanaan yaitu guru kurang terprogram dalam memberikan pendidikan karakter disiplin mulai dari pendahuluan, inti, dan penutup pembelajaran. Problem dalam evaluasi yaitu guru belum bisa melakukan penilaian karakter disiplin setiap siswa secara mendetail karena waktu yang terbatas dan jumlah siswa yang banyak. Kata kunci: problem, implementasi, pendidikan karakter disiplin. Y1 - 2020/06/23/ A1 - Kristanto, Bima PB - Fakultas Ilmu Pendidikan ER -