%0 Thesis %9 S1 %A Nurmala, Afifah Hana %B PGSD %D 2020 %F UNY:68341 %I Fakultas Ilmu Pendidikan %T PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN FLANEL PENJUMLAHAN (PANEN LAHAN) PADA SISWA KELAS I SD NEGERI BLEBER 1 PRAMBANAN SLEMAN %U http://eprints.uny.ac.id/68341/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran papan flanel penjumlahan (PANEN LAHAN). Dan untuk mengetahui tingkat kelayakan media Papan Flanel Penjumlahan dalam pembelajaran matematika materi penjumlahan bagi kelas I SD Negeri Bleber 1 Prambanan Sleman. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development), dengan menggunakan 7 dari 10 langkah dari model Borg and Gall. Subjek dari penelitian ini adalah para siswa kelas I SD Negeri Bleber 1. Langkahlangkah penelitian tersebut yaitu pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba lapangan awal, revisi produk, uji coba lapangan utama, dan revisi produk akhir. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, observasi, dan angket. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian media papan flanel penjumlahan layak digunakan di SD Negeri Bleber 1. Produk penelitian telah melalui perencanaan, validasi materi, validasi media, uji coba lapangan awal, dan uji coba lapangan utama. Validasi desain/prototype dilakukan oleh 1 ahli materi, 1 ahli media, dan 1 praktisi. Hasil validasi materi memperoleh skor rata-rata 4,8 dengan kategori “sangat baik”. Hasil validasi media memperoleh skor rata-rata 4,7 dengan kategori “sangat baik”. Hasil validasi oleh guru memperoleh skor rata-rata 5 dengan kategori “sangat baik”.. Hasil uji coba lapangan awal oleh siswa memperoleh skor rata-rata 4 dengan kategori “baik”. Dan hasil uji coba lapangan utama oleh siswa memperoleh skor rata-rata 4,68 dengan kategori “sangat baik”. Kata kunci: media, papan flanel, penjumlahan