%X Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran Papan Magnet IPS Topik Kebudayaan Daerah bagi Siswa Kelas IV yang layak digunakan untuk pembelajaran tematik pada tema 7 “Indahnya Keberagaman di Negriku” subtema 2 “Indahnya Keberagaman Budaya Negriku” pembelajaran 3 di kelas IV A SD Negeri Umbulharjo 2 Cangkringan Sleman. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau research and development yang melalui 8 dari 10 langkah penelitian model Borg & Gall. Langkahlangkah yang dilakukan yakni pengumpulan data, perencanaan pembuatan produk, pengembangan draf produk, Validasi ahli, uji coba lapangan awal, revisi hasil uji coba lapangan awal, uji coba lapangan, dan penempurnaan produk akhir. Dua langkah yang tidak dilalui yaitu uji coba lapangan secara luas dan Desiminasi dan implemantasi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dan observasi. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil validasi media dan materi oleh ahli, media telah dinyatakan layak untuk digunakan. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil validasi materi dengan rata-rata 4 dan hasil validasi media dengan rata-rata skor 5yang termasuk pada kategori “sangat baik”. Pada uji coba lapangan awal dan uji coba lapangan, media juga menunjukkan hasil dengan kategori sangat baik dengan skor rata-rata 4,7 pada uji coba lapangan awal dan 4,85 pada uji coba lapangan yang dinilai oleh siswa. Secara keseluruhan, media ini sudah layak untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas IV sekolah dasar. Kata Kunci: media pembelajaran, kebudayaan, pembelajaran IPS %A Rohmat Adi Nugroho %L UNY68331 %T PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN MAGNET IPS TOPIK KEBUDAYAAN DAERAH BAGI SISWA KELAS IV SDN UMBULHARJO 2 CANGKRINGAN SLEMAN %I Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2020