@phdthesis{UNY68254, month = {June}, title = {PENGGUNAAN MEDIA PREZI UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPS SD KELAS VA SD N NGOTO}, author = {Umy Muslikhah Arba?in}, school = {Fakultas Ilmu Pendidikan}, year = {2020}, url = {http://eprints.uny.ac.id/68254/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan prestasi beajar siswa dalam pembelajaran IPS melalui media prezi pada siswa kelas VA SD Negeri Ngoto, Sewon, Bantul. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian siswa kelas VA SD N Ngoto, Sewon, Bantul yang berjumlah 29 siswa. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, skala, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah minimal 75\% dari jumlah seluruh siswa kelas VA SD N Ngoto nilai minat siswa dan nilai tes prestasi belajar siswa berada dalam kategori minimal tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan minat dan prestasi belajar siswa kelas VA SD N Ngoto setelah melakukan pembelajaran menggunakan media prezi. Minat siswa pada pra tindakan memiliki rata-rata skor perolehan 53 dengan 10 siswa atau 34,48\% memperoleh kategori minat ? tinggi, meningkat pada siklus I menjadi rata-rata skor 59,93 dengan 18 atau 58,61\% minat ? tinggi, meningkat kembali pada siklus II menjadi rata-rata skor 64,34 dengan 23 atau 79,31\% minat ? tinggi. Prestasi belajar pada pra tindakan terdapat 3 siswa yang memiliki nilai di atas KKM atau 10,34\%, meningkat menjadi 17 siswa atau 58,62\% pada siklus I, dan kembali meningkat pada siklus II menjadi 23 siswa atau 79,31\%. Kata Kunci : minat , prestasi belajar IPS, media prezi} }