TY - THES M1 - skripsi ID - UNY68233 AV - restricted TI - ANALISIS KESALAHAN PENULISAN EJAAN BAHASA INDONESIA PADA KARANGAN NONFIKSI SISWA KELAS VA SD NEGERI 1 KADIPIRO UR - http://eprints.uny.ac.id/68233/ N2 - Kesalahan penulisan ejaan merupakan kesalahan yang sering terjadi pada suatu karangan. Kesalahan ejaan yang dimaksud sebagaimana terdapat pada karangan nonfiksi siswa kelas V. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kesalahan penulisan ejaan pada karangan nonfiksi siswa kelas VA SD Negeri 1 Kadipiro Kecamatan Kasihan Kabupaten Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian analisis konten dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah karangan nonfiksi bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pembacaan dan pencatatan cermat. Instrumen penelitian ini adalah lembar analisis mekanis. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas semantis. Reliabilitas penelitian ini adalah stabilitas dan reproduktabilitas. Unit analisis pada penelitian ini meliputi pemakaian huruf, penulisan kata, pemakaian tanda baca, dan penulisan unsur serapan. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari pengumpulan data, penentuan sampel, pencatatan, reduksi, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam karangan nonfiksi siswa terdapat kesalahan penulisan ejaan dalam pemakaian huruf (54,47%) terdiri dari huruf kapital. Bentuk kesalahan penulisan kata (25%) terdiri dari kata dasar, kata berimbuhan, gabungan kata, kata depan, singkatan, angka dan bilangan, serta kata ganti. Bentuk kesalahan pemakaian tanda baca (18,16%) terdiri dari titik, koma, dan tanda hubung. Bentuk kesalahan penulisan unsur serapan (2,37%). Faktor penyebab terjadinya kesalahan penulisan ejaan meliputi keterbatasan waktu dalam pembelajaran menulis, kurangnya penguasaan kaidah penulisan ejaan, dan kurang ketelitian dalam menulis. Kata kunci: analisis kesalahan penulisan ejaan, karangan nonfiksi. Y1 - 2020/06/11/ PB - Fakultas Ilmu Pendidikan A1 - Amalia, Miftakhul ER -