%D 2020 %T Pengembangan Instrumen Need Assessment Topik Layanan Bimbingan Klasikal Bimbingan dan Konseling Pribadi bagi Siswa di SMP Negeri 1 Yogyakarta. %I Program Pascasarjana %A Muhammad Alridho Lubis %A Moh Farozin %K bimbingan dan konseling pribadi, bimbingan klasikal, need assessment %X Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen need assessment topik layanan bimbingan klasikal bimbingan dan konseling pribadi bagi siswa di SMP N 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan instrumen Saifuddin Azwar. Pengumpulan data menggunakan angket penilaian untuk menilai instrumen need assessment. Analisis aliditas tampang instrumen menggunakan metode kuantitatif, kualitatif serta focus group discussion (FGD) dengan penilaian dari 2 orang ahli dan 4 orang praktisi. Analisis validitas isi dengan rumus Aiken, analisis validitas konstruk menggunakan exploratory factor analysis (EFA) dan analisis reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach dengan SPPS versi 20 for windows. Hasil penelitian pengembangan ini adalah instrumen need assessment topik layanan bimbingan klasikal bimbingan dan konseling pribadi bagi siswa SMP N 1 Yogyakarta memiliki validitas tampang 0,76 dengan kriteria baik. Validitas isi yang diperoleh 0,82 dan reliabilitas 0,941. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa instrumen need assessment topik layanan bimbingan klasikal bimbingan dan konseling pribadi bagi siswa layak digunakan. %L UNY68207