eprintid: 6818 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 1224 dir: disk0/00/00/68/18 datestamp: 2015-03-20 03:28:38 lastmod: 2019-01-29 16:58:00 status_changed: 2012-10-24 03:50:46 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Siti Nurjanah W , title: PENINGKATAN PEMBELAJARAN GULING DEPAN MELALUI PERMAINAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI NGANGGRUNG ispublished: pub subjects: olahraga divisions: fik_olahraga_pjkr full_text_status: public abstract: ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran senam lantai guling depan melalui permainan pada siswa kelas IV SD Negeri Nganggrung Kecamatan Turi Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam satu siklus. Dalam satu siklus tersebut dengan dua kali tatap muka dan setiap tatap muka dengan alokasi waktu 105 menit. Subjek dalam penelitian ini, yaitu seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 22 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif dengan naratif. Hasil penelitian menunjukan bahwa peningkatan pembelajaran senam lantai guling depan melalui permainan dapat meningkat. Peningkatan proses pembelajaran meliputi peningkatan pembelajaran guru, peningkatan partisipasi siswa, dan hasil belajar siswa. Target ketuntasan keterampilan guling depan siswa dalam penelitian ini adalah 75% tetapi siswa yang lebih dari target yang diharapkan peneliti yaitu 77,27%. Dengan demikian tindakan pembelajaran keterampilan guling depan melalui permainan yang diberikan pada siswa kelas IV SD Negeri Nganggrung Turi Sleman, dapat dikatakan berhasil. Kata Kunci : Senam, Guling Depan, Permainan, Siswa SD Kelas IV date: 2012-10-23 date_type: published pages: 314 institution: FIK department: UNY thesis_type: skripsi official_url: http://www.pjkr_uny.com related_url_url: http://www.pjkr_uny.com citation: Siti Nurjanah W (2012) PENINGKATAN PEMBELAJARAN GULING DEPAN MELALUI PERMAINAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI NGANGGRUNG. S1 thesis, FIK. document_url: http://eprints.uny.ac.id/6818/1/SKRIPSI%20315.pdf