eprintid: 68131 rev_number: 14 eprint_status: archive userid: 14314 dir: disk0/00/06/81/31 datestamp: 2024-09-24 05:27:58 lastmod: 2024-09-24 05:27:58 status_changed: 2024-09-24 05:27:58 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: tri.hardiyanti2016@student.uny.ac.id creators_name: Asmaningrum, Tri Hardiyanti creators_id: tri.hardiyanti2016@student.uny.ac.id title: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI MATERI PONDASI BATU KALI, SLOOF, KOLOM DAN DINDING MATA PELAJARAN KONSTRUKSI BANGUNAN GEDUNG SMKN 1 PURWOREJO ispublished: pub subjects: tekno_sipil divisions: ft_jurdik_sipil_pend_sipil full_text_status: public abstract: ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang memiliki tujuan yaitu: mengembangkan media pembelajaran berbasis video animasi pada mata pelajaran konstruksi bangunan gedung dengan materi pondasi batu kali, sloof, kolom dan dinding. Penelitian ini adalah salah satu penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan RnD. Research and Development (R&D) ini mengadaptasi model pengembangan four-D (4D) oleh Thiagarajan (1974). Secara garis besar penelitian ini dilakukan pada empat tahap utama, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan diseminasi (disseminate). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket. Angket digunakan dalam langkah validasi dan penilaian produk oleh ahli dan guru untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran. Hasil pengembangan media pembelajaran ini diketahui bahwa pengembangan video animasi melalui tahap 4D. Tahap define menghasilkan konsep permasalahan, siswa, dan pembelajaran di kelas XI KGSP SMKN 1 Purworejo. Tahap design menghasilkan video animasi dengan format .mp4 dan .exe serta resolusi high quality. Tahap develop untuk mengetahui penilaian kelayakan berdasarkan ahli materi, ahli media, dan guru (ahli materi). Kelayakan produk berdasarkan validasi ahli materi sebesar (3,93) termasuk kriteria “sangat layak” untuk digunakan. sedangkan berdasarkan validasi ahli media sebesar (3,68) termasuk kriteria “sangat layak” untuk digunakan. Hasil penilaian oleh guru medapatkan skor (3,73) termasuk kriteria “sangat layak” Tahap disseminate pertama memberikan kepingan CD/DVD untuk guru, kedua yaitu pengunggahan video ke youtube, dan media pembelajaran interaktif diunggah ke google drive. Kata Kunci : dinding, kolom, media pembelajaran, pondasi batu kali, sloof, video animasi. date: 2020-04-06 date_type: published institution: Fakultas Teknik department: Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan thesis_type: skripsi referencetext: 86 DAFTAR PUSTAKA Arif S. Sadiman, dkk. (2009). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya No 6. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek- Praktek (Edisi Revisi IV). Jakarta : Rineka Cipta Arsyad, Azhar. (2004) . Media Pembelajaran (Cetakan ke 5). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Arsyad, Azhar. (2014). Media Pembelajaran (Edisi Revisi). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Cahya, Ilanka, dkk. (2012). Sloof Pracetak dari Bambu Komposit. Jurnal Rekayasa Sipil Volume 6, No. 1 – 2012 Universitas Brawijaya Malang. Caudron, Romain. (2015). Blender 3D By Example. Packt Publishing. DPU. 2006. Pedoman Persyaratan Teknis Bangunan Gedung. Menteri Pekerjaan Umum. Jakarta. H, Sumarjo. (2009). Degradasi pada Pembelajaran Praktik Kerja Batu Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik UNY. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol 18 No. 2. Hidayat, Nur & Wahyuni (2016). Kajian Keselamatan Kerja Bengkel di Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan 23 (1), 51 – 66 Hujair AH. Sanaky. (2009). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safiria Insania Press. Limbongan, Steven. (2016). Analisis Struktur Beton Bertulang Kolom Pipih pada Gedung Bertingkat. Jurnal Sipil Statik Vol.4 No.8. Maimunah. (2016). Metode Penggunaan Media Pembelajaran. Jurnal Al-Afkar Volume 05 No. 1 Universitas Islam Indragiri. Manap, Abdul. (2009). Implementasi Penilaian Pembelajaran pada SMK jurusan Bangunan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol.18 No 2. Mulyatiningsih, Endang. (2011). Metode Penelitian Terapan. Bandung: Alfabeta. citation: Asmaningrum, Tri Hardiyanti (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI MATERI PONDASI BATU KALI, SLOOF, KOLOM DAN DINDING MATA PELAJARAN KONSTRUKSI BANGUNAN GEDUNG SMKN 1 PURWOREJO. S1 thesis, Fakultas Teknik. document_url: http://eprints.uny.ac.id/68131/1/cover.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/68131/2/BAB%20I.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/68131/3/BAB%20II.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/68131/4/BAB%20III.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/68131/6/BAB%20IV.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/68131/5/BAB%20V.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/68131/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/68131/8/Lampiran.pdf