%0 Journal Article %@ 2460-7916 %A Sudrajat, Ajat %A Sidi, Purnomo %D 2014 %F UNY:67983 %I Himpunan Sarjana Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial Indonesia in cooperation with Social Science Education Program, Graduate School, Universitas Negeri Yogyakarta %J Harmoni Sosial : Jurnal Pendidikan IPS %N 2 %P 179-189 %T PEMBELAJARAN MODEL STS BERBANTUAN MEDIA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS, SIKAP, DAN HASIL BELAJAR IPS %U http://eprints.uny.ac.id/67983/ %V 1 %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan (1) aktivitas belajar, (2) sikap siswa terhadap pembelajaran, dan (3) hasil belajar IPS. Subjek penelitian adalah 31 siswa kelas VIII-A SMP N 3 Leksono tahun pelajaran 2013/2014.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, tes, dan wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif statistik dengan nilai rata-rata untuk membandingkan kemajuan antar siklus. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Ada peningkatan aktivitas belajar siswa, rata-rata aktivitas belajar siswa 69,44 pada siklus I menjadi 80,11 menjadi pada siklus II, dan 88,03 pada siklus III. (2) Ada peningkatan sikap siswa terhadap pembelajaran, rata-rata 81,24 pada siklus I menjadi 82,63 pada siklus II, dan 84,83 pada siklus III. (3) Ada peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa, pada pada siklus I 61,29% menjadi 67,74% pada siklus II, dan 83,33% pada siklus III. Kata Kunci : model STS, media pembelajaran, aktivitas belajar, hasil belajar