%0 Journal Article %A Sudrajat, Ajat %A Berliani, Yusti Marlia %D 2018 %F UNY:67947 %I Universitas Negeri Yogyakarta %J Jurnal Pendidikan Karakter %N 2 %P 161-171 %T THE IMPLEMENTATION OF CHARACTER EDUCATION AT MTs NUR IMAN MLANGI, PONDOK PESANTREN AL-HUDA, SLEMAN REGENCY, YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/67947/ %V VIII %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter di sekolah berbasis pondok pesantren. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil setting di MTs Nur Iman Mlangi yang ada di lingkungan Pondok Pesantren Al-Huda di Kabupaten Sleman Yogyakarta. Yang menjadi subjek penelitian yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah guru bimbingan konseling, guru IPS, dan siswa di MTs Mlangi. Pengumpulan data dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai karakter yang diimplementasikan di MTs Mlangi yaitu religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. Pengintegrasian pendidikan karakter di MTs Mlangi dilakukan melalui pengintegrasian pendidikan karakter dalam pembelajaran, pengintegrasian pendidikan karakter melalui program pengembangan diri, dan pengintegrasian pendidikan karakter melalui budaya sekolah. Di antara faktor pendukung implementasi pendidikan karakter di MTs Mlangi yaitu guru profesional dan sarana prasarana yang memadai, sedang faktor penghambatnya yaitu lingkungan sekolah yang kurang mendukung. Kata Kunci: implementasi, pendidikan karakter, Madrasah Tsanawiyah.