%D 2020 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan %T IDENTIFIKASI PENERAPAN PERATURAN (RULES) DAN RUTINITAS (ROUTINES) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SD NEGERI SE-KABUPATEN KULON PROGO %X Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk melakukan identifikasi tentang penerapan peraturan (rules) dan rutinitas (routines) dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani di SD Negeri se-Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan dua variabel yaitu peraturan (rules) dan rutinitas (routines). Populasi dalam penelitian ini adalah SD Negeri di Kabupaten Kulon Progo. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru PJOK di SD Negeri di Kabupaten Kulon Progo yang berjumlah 277. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling kuota. Teknik pengambilan sampel menggunakan pedoman dari Sugiyono yaitu 10% dari jumlah populasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 125 responden. Instrumen penelitian yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah angket atau quesioner. Untuk menganalisis data yang terkumpul, peneliti menggunakan tabel norma penilaian dari Saifuddin Azwar. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan tentang identifikasi penerapan peraturan (rules) dan rutinitas (routines) dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SD Negeri se-Kabupaten Kulon Progo menunjukkan bahwa dari 125 orang responden, 38 orang responden (30.4%) masuk dalam kategori sangat tinggi, 41 orang responden (32.8%) masuk dalam kategori tinggi, 28 orang responden (22.4%) masuk dalam kategori cukup, 11 orang responden (8.8%) masuk dalam kategori rendah dan 7 orang responden (5.6%) masuk dalam kategori sangat rendah. Nilai mean sebesar 47.10 menjelaskan bahwa identifikasi penerapan peraturan (rules) dan rutinitas (routines) dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SD Negeri se-Kabupaten Kulon Progo berada dalam kategori tinggi. %A Yusuf Setyowibowo %K Identifikasi, Peraturan (rules). Rutinitas (routines), Pembelajaran, Pendidikan Jasmani %L UNY67904