@phdthesis{UNY67901, year = {2020}, school = {Fakultas Ilmu Keolahragaan}, author = {Dhoni Kurniawan Setyadi}, title = {PENERAPAN PERMAINAN KATAK BERBURU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN JUMPSMASH PESERTA EKSTRAKURIKULER BULUTANGKIS SMP N 2 PLAYEN}, keywords = {permainan reaksi, jumpsmash, bulutangkis}, abstract = {Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan permainan katak berburu untuk meningkatkan kemampuan jumpsmash peserta ekstrakurikuler bulutangkis SMP N 2 Playen. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain pre- eksperimental dengan bentuk eksperimen pretest-postest group design yaitu eksperimen yang dilakukan hanya pada satu kelompok saja tanpa kelompok pembanding. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta esktrakurikuler Bulutangkis SMP N 2 Playen yang berjumlah 30 siswa. Pengambilan sampel menggunakan total sampling, teknik pengambilan sampel dimana semua individu dalam populasi baik secara sendiri-sendiri atau bersama-sama diberi kesempatan yang sama untuk dipilih sebagai anggota sampel . Sampel berjumlah 30 atlet putra. Item tes yang akan digunakan untuk penelitian kemampuan jump smash oleh Saleh Anasir (2010:27) ini memiliki validitas 0,926 dari critrion round robin tournament dan reliabilitas 0,90 dari test-retest. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penerapan permainan katak berburu terhadap peningkatan kemampuan jump smash peserta ekstrakurikuler bulutangkis SMP N 2 Playen?, dengan nilai t hitung 6,928 {\ensuremath{>}} ttabel (0,05)(29) 2,045, nilai signifikansi 0,000 {\ensuremath{<}} 0,05, dan kenaikan persentase sebesar 41,81\%, sehingga Ha diterima.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/67901/} }