%0 Thesis %9 S1 %A Umardianto, Rizki Adien %A Dr. Or. Mansur, M.S., %B Pendidikan Kepelatihan Olahraga %D 2021 %F UNY:67885 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan %K sepakbola %T PENGEMBANGAN MODEL LATIHAN JUGGLING UNTUK PELATIH ANAK USIA DINI KU 11-12 TAHUN DI SEKOLAH SOLAH BOLA SINAR MATARAM %U http://eprints.uny.ac.id/67885/ %X Penelitian ini memiliki tujuan untuk menghasilkan produk pengembangan buku pedoman latihan teknik juggling yang dapat digunakan untuk para pelatih sepak bola. Pembuatan buku ini diharapakan dapat digunakan pelatih sebagai media pembelajaran teknik juggling. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Riset dan Pengembangan atau Research and Development (R&D). Penelitian ini menggunakan langkah-langkah penelitian Sugiyono yang diadaptasi menjadi 10 langkah. Uji coba kelompok kecil dilakukan pada pelatih sepak bola di SSB Sinar Mataram dengan total responden sebanyak 5 pelatih, sedangkan uji coba kelompok besar dilakukan pada pelatih sepak bola di SSB Matra dengan total responden sebanyak 8 pelatih. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini menggunakan angket. Hasil data yang diperoleh yaitu deskriptif kualitatif dengan skala 4. Data tersebut dimasukkan kedalam kategori: Sangat Tidak Sesuai (1), Tidak Sesuai (2), Sesuai (3), dan Sangat Sesuai (4). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pengembangan buku pedoman latihan teknik juggling dinyatakan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran yang mudah dipahami dan dipelajari. Adapun analisis data validasi ahli materi diperoleh 80% masuk dalam kategori layak, analisis penilaian validasi ahli media diperoleh 90.9% masuk adalam kategori layak. Hasil Analisis uji coba kelompok kecil, terhadap penilaian produk buku diperoleh nilai sebesar 91.7% termasuk dalam kategori layak. Sedangkan hasil analisis uji coba kelompok besar, terhadap penilaian buku pedoman diperoleh nilai sebesar 80.8% termasuk dalam kategori layak. Sehingga seluruh hasil penilaian terhadap produk buku dinyatakan layak untuk digunakan. %Z Dosen Pembimbing: Dr. Or. Mansur, M.S.