%0 Thesis %9 S2 %A Puspitasari, Ratri %A Rukiyati, Rukiyati %B Manajemen Pendidikan %D 2019 %F UNY:67877 %I Program Pascasarjana %K Manajemen Penguatan Pendidikan Karakter, Budaya Jawa %T Manajemen Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Jawa di Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Yogyakarta. %U http://eprints.uny.ac.id/67877/ %X Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) perencanaan program penguatan pendidikan karakter (PPK) di SMA Negeri 9 Yogyakarta; (2) pengorganisasian program penguatan pendidikan karakter di SMA Negeri 9 Yogyakarta; (3) pelaksanaan program penguatan pendidikan karakter di SMA Negeri 9 Yogyakarta; (4) pengendalian program penguatan pendidikan karakter di SMA Negeri 9 Yogyakarta; dan (5) dampak dari penerapan program penguatan pendidikan karakter di SMA Negeri 9 Yogyakarta. Penelitian ini dikategorikan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan metode studi kasus. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan menggunakan trianggulasi teknik dan trianggulasi sumber data. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman (2014). Penelitian ini menghasilkan informasi: (1) perencanaan program sekolah berupa integrasi pada mata pelajaran, pembelajaran mata pelajaran muatan lokal dan khas sekolah, pelaksanaan ekstrakulikuler, program pembiasaan, dan visualisasi, perencanaan sarana dan prasarana pendukung penguatan pendidikan karakter, serta pembiayaan program penguatan pendidikan karakter; (2) pengorganisasian penguatan pendidikan karakter dilakukan melalui pembentukan tim khusus yaitu tim pelaksana pengembangan seni budaya yang bertanggung jawab terhadap pelaksanaan penguatan pendidikan karakter di sekolah; (3) pelaksanaan penguatan pendidikan karakter berbasis budaya sekolah dilaksanakan melalui kegiatan keteladanan dan pengkondisian lingkungan, pembinaan keagamaan, program ekstrakulikuler, program kamis dinten basa Jawi, dan penggunaan pakaian gagrak Ngayogyakarta; (4) pelaksanaan penguatan pendidikan karakter berbasis kelas dilaksanakan melalui integrasi nilai-nilai karakter dalam materi pembelajaran dan pengembangan muatan lokal serta mata pelajaran kekhasan sekolah; (5) pelaksanaan penguatan pendidikan karakter berbasis masyarakat dilaksanakan melalui kolaborasi dan kerja sama dengan lembaga lain sebagai pendukung penerapan penguatan pendidikan karakter di sekolah; (6) pengendalian dilakukan dengan pemberlakuan tata tertib, peneguran, peringatan, pembinaan, dan pemberlakuan poin pelanggaran serta poin penghargaan; (7) penguatan pendidikan karakter yang diterapkan di sekolah berdampak pada karakter siswa yang semakin baik dan keberhasilan prestasi siswa; dan (8) diusulkan sebuah alternatif model manajemen penguatan pendidikan karakter berbasis budaya Jawa yang masih berupa model hipotesa, yaitu model manajemen POAC.