TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/67859/ ID - UNY67859 M1 - tesis AV - restricted TI - Implementasi Pembelajaran dengan Metode Montessori di SD Montessori Yogyakarta. KW - implementasi KW - pembelajaran KW - metode Montessori. PB - Program Pascasarjana A1 - Nalurita, Agti A1 - Haryanto, Haryanto Y1 - 2019/10/01/ N2 - Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengungkap proses implementasi pembelajaran dengan metode Montessori di SD Montessori Yogyakarta, (2) menemukan faktor-faktor yang menjadi kendala implementasi pembelajaran dengan metode Montessori. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif naturalistik dengan jenis studi kasus. Peneliti tidak melakukan manipulasi atau perlakuan-perlakuan tertentu sehingga mengungkapkan keadaan atau fenomena-fenomena apa adanya. Data diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan studi dokumen. Peneliti menganalisis data menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman. Analisis data terdiri dari data collection, data condensation, data display, dan conclusion. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Implementasi pembelajran dengan metode Montessori, mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, sampai evaluasi dilaksanakan secara terstuktur dan berkesinambungan mulai dari awal semester pembelajaran sampai semester berakhir. Pembelajaran dengan metode Montessori diintegrasikan dengan kurikulum nasional. Kekurangan implementasi pembelajaran terdapat pada kesesuaian perencanaan dengan pelaksanaannya. Guru SD Montessori membuat RPP secara umum, sedangkan pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan individual sehingga RPP individual sangat diperlukan agar proses belajar mengajar dapat berjalan dengan maksimal. (2) Kendala-kendala yang dihadapi antara lain: pengaturan kelas dan pembelajaran dengan metode Montessori sering dipertanyakan dan dianggap tidak sesuai dengan jalannya kurikulum nasional, serta alokasi waktu pembelajaran yang harus menyesuaikan kalender akademik nasional berbeda dari pembelajaran Montessori yang memberikan tes sesuai kesiapan masing-masing siswa. ER -