@phdthesis{UNY67844, year = {2020}, month = {March}, school = {Fakultas Ilmu Pendidikan}, title = {PENGARUH KONSEP DIRI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS IV SD SE-GUGUS II NANGGULAN, KABUPATEN KULON PROGO}, author = {Ayu Khusnul Khotimah}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsep diri terhadap kemandirian belajar siswa kelas IV SD se-Gugus II Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Se-Gugus II Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo dengan total 114 siswa dengan sampel penelitian berjumlah 90 siswa yang ditentukan menggunakan teknik Simple Random Sampling dengan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data dengan skala sikap Likert. Skala sikap ini diujicobakan kepada 30 siswa. Uji validitas instrumen menggunakan validitas konstruk, sedangkan daya beda dihitung menggunakan rumus korelasi product moment, dan reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach dengan nilai R sebesar 0,762. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji linearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep diri berpengaruh terhadap kemandirian belajar dengan sumbangan sebesar 58\% dan hasil persamaan regresi adalah Y=14,705+0,578X. . Nilai sig dalam uji regresi sederhana adalah 0,000 ({\ensuremath{<}}0,05) maka Ha diterima dan Ho ditolak. Oleh karena itu, hasil pengujian hipotesis tersebut terbukti bahwa ?Konsep diri berpengaruh signifikan terhadap kemandirian belajar siswa kelas IV SD Se-Gugus II Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo?. Kata kunci : Konsep Diri, Kemandirian Belajar}, url = {http://eprints.uny.ac.id/67844/} }