%0 Thesis %9 S2 %A Sado, Reginaldis Isabella %A Aminatun, Tien %B Pendidikan Biologi %D 2019 %F UNY:67840 %I Program Pascasarjana %K guided inquiry disertai jurnal siswa, menerapkan konsep, berpikir kritis %T Pengaruh Penerapan Model Guided Inquiry disertai Jurnal Siswa pada Materi Perubahan Lingkungan Terhadap Kemampuan Menerapkan Konsep dan Berpikir Kritis Siswa Kelas X IPA SMA. %U http://eprints.uny.ac.id/67840/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model guided inquiry disertai jurnal siswa terhadap kemampuan menerapkan konsep pada materi perubahan lingkungan, dan (2) pengaruh model guided inquiry disertai jurnal siswa terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi perubahan lingkungan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan cluster random sampling. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri 2 Ngaglik. Sampel penelitian ini adalah 2 yaitu X MIPA 2 sebanyak 31 siswa sebagai kelas kontrol dan X MIPA 3 sebanyak 31 siswa sebagai kelas eksperimen menerapkan model guided inquiry disertai jurnal siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument tes kemampuan menerapkan konsep berupa soal pilihan ganda dan kemampuan berpikir kritis berupa soal uraian. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) model guided inquiry disertai jurnal siswa berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menerapkan konsep dengan nilai signifikan 0.000 (<0.05), dan (2) model guided inquiry disertai jurnal siswa berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan nilai signifikan 0.000 (<0.05).