@phdthesis{UNY67828, year = {2019}, title = {Pengembangan Model Permainan Kasti untuk Meningkatkan Gerak Dasar dan Membangun Karakter Siswa Sekolah Dasar Kelas Atas.}, school = {Program Pascasarjana}, author = {Adriana Galihdarmawan and Suharjana Suharjana}, month = {September}, keywords = {model permainan kasti, karakter, siswa sekolah dasar kelas atas}, url = {http://eprints.uny.ac.id/67828/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model permainan kasti untuk meningkatkan karakter siswa sekolah dasar kelas atas yang layak, efektif, dan sesuai. Model permainan ini diharapkan mampu mengembangkan aspek afektif, kognitif, dan psikomotor, serta dapat dipergunakan oleh guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran pendidikan jasmani. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan langkah-langkah penelitian sebagai berikut: (1) pengumpulan informasi lapangan, (2) analisis informasi yang telah dikumpulkan, (3) mengembangkan produk awal, (4) validasi ahli dan revisi, (5) uji coba lapangan skala kecil dan revisi, (6) uji coba lapangan skala besar dan revisi, (7) pembuatan produk final, dan (8) uji efektifitas produk. Uji coba skala kecil dilakukan terhadap 16 siswa di SD N Kandangan 2. Uji Coba skala besar dilakukan terhadap 28 siswa di SD Negeri Gentan dan 25 siswa di SD Negeri Margomulyo 1.Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah pedoman pengamatan (observasi), wawancara, catatan lapangan, skala nilai, lembar penilaian ujiefektifitas dan penilaian hasil belajar. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian berupa model permainan, yang berisikan 6 model permainan, yaitu: (1) berburu, (2) bola berputar, (3) estafet game, (4) hula game, (5) kasti mini, (6) pukul bola. Model permainan disusun dalam bentuk buku pedoman dan DVD dengan dengan judul Pedoman Permainan Kasti. Berdasarkan hasil penilaian para ahli materi dan praktisi, dapat ditarik kesimpulan bahwa model permainan kasti untuk meningkatkan karakter siswa sekolah dasar kelas atas yang didesain berkategori baik, sehingga model permainan telah layak, efektif, dan sesuai untuk digunakan.} }