%L UNY67823 %I Universitas Negeri Yogyakarta %A Dwi Muslimah Anita %D 2018 %X Penelitian ini berdasarkan kesulitan siswa tunarungu kelas VII SLB B/C YKGR Bayat dalam mengenal konsep bilangan 1-50. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-50 menggunakan metode penugasan di luar kelas pada siswa tunarungu kelas VII SLB B/C YKGR Bayat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan desain Kemmis dan Taggart yang terdiri dari emat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dengan memberikan tindakan dalam dua siklus. Subjek penelitian yaitu empat siswa tunarungu kelas VII SLB B/C YKGR Bayat. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode penugasan di luar kelas dapat meningkatkan kemampuan pemahaman materi mengenal konsep bilangan 1-50. Peningkatan dibuktikan dengan hasil observasi monitoring siswa yang menunjukkan peningkatan pemahaman materi mengenal konsep bilangan 1-50 dan hasil tes belajar yang dilakukan sebelum tindakan, paska tindakan siklus I dan paska tindakan siklus II. Pada hasil tes pra tindakan persentase rata-rata kelas sebesar 43,8% dengan kriteria sangat kurang, kemudian meningkat pada siklus I menjadi 66,3% dengan kriteria cukup. Pada siklus II rata-rata kelas meningkat menjadi 84,3% dengan kriteria baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan mengenal konsep bilangan 1-50 siswa tunarungu kelas tujuh dapat ditingkatkan menggunakan metode penugasan di luar kelas. Kata kunci: konsep bilangan, penugasan, tunarungu %T PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN 1-50 MENGGUNAKAN METODE PENUGASAN DI LUAR KELAS PADA SISWA TUNARUNGU KELAS VII SLB B/C YKGR BAYAT