@phdthesis{UNY67819, school = {Universitas Negeri Yogyakarta}, year = {2018}, month = {August}, title = {KOMPETENSI PEDAGOGIS GURU DALAM PEMBELAJARAN SEKSUAL PADA ANAK AUTIS USIA REMAJA DI SEKOLAH LUAR BIASA FAJAR NUGRAHA YOGYAKARTA}, author = {Tuing Isti Nur Syarifah Anis}, url = {http://eprints.uny.ac.id/67819/}, abstract = {Pembelajaran seksual untuk anak autis sangat penting dan memerlukan dukungan tenaga guru profesional yang menguasai kompetensi-kompetensi guru, terutama kompetensi pedagogis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang kompetensi pedagogis guru dalam pembelajaran seksual pada anak autis usia remaja di SLB Fajar Nugraha Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah dan dua orang guru yang sedang mengampu anak autis usia remaja. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan secara kualitatif yang terdiri dari mereduksi data, menyajikan data, dan membuat kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek melaksanakan kompetensi pedagogis guru dalam pembelajaran seksual anak autis usia remaja yang sesuai dengan Peraturan Pemerintah no. 74 tahun 2008 tentang Guru pada pasal 3 ayat (4). Guru melaksanakan kompetensi berupa pemahaman wawasan atau landasan kependidikan, pemahaman terhadap peserta didik, mengembangkan kurikulum dan rancangan pembelajaran seksual, melaksanakan pembelajaran seksual yang mendidik dan dialogis, evaluasi hasil pembelajaran seksual, dan mengembangkan perilaku seksual pada anak autis usia remaja. Guru sudah memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran seksual berupa penggunaan benda nyata, namun penggunaan media internet dan elektronik belum optimal, sehingga masih diperlukan pelatihan dan pembinaan agar kompetensi ini dapat berkembang dan meningkat lebih baik. Kata kunci : kompetensi pedagogis, pembelajaran seksual, autis} }