%L UNY67818 %I Universitas Negeri Yogyakarta %A Primastuti Anggita %T PERAN KOMITE SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN ANAK TUNARUNGU DI SLB B KARNNAMANOHARA %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peran Komite Sekolah sebagai pemberi pertimbangan, pendukung, pengontrol, dan penghubung dalam meningkatkan mutu pembelajaran anak tunarungu di SLB B Karnnamanohara. Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto. Teknik pengumpulan data dengan teknik survai menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru, kepala sekolah dan pengurus Komite Sekolah di SLB B Karnnamanohara. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif dengan perhitungan presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya peran Komite Sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran anak tunarungu di SLB B Karnnamanohara tergolong rendah, yaitu sebesar 48,94%, yang meliputi: (1) Peran Komite sekolah sebagai pemberi pertimbangan dalam meningkatkan mutu pembelajaran anak tunarungu di SLB B Karnnamanohara yang tergolong sangat rendah, yaitu sebesar 39,76%. (2) Peran Komite Sekolah sebagai pendukung dalam meningkatkan mutu pembelajaran anak tunarungu di SLB B Karnnamanohara tergolong rendah, yaitu sebesar 55,06%. (3) Peran Komite Sekolah sebagai pengontrol dalam meningkatkan mutu pembelajaran anak tunarungu di SLB B Karnnamanohara tergolong rendah, yaitu sebesar 54,45%. (4) Peran Komite Sekolah sebagai penghubung dalam meningkatkan mutu pembelajaran anak tunarungu di SLB B Karnnamanohara tergolong rendah, yaitu sebesar 46,50%. kata kunci : peran komite sekolah, mutu pembelajaran anak tunarungu %D 2018