%0 Thesis %9 S2 %A Fuaddi, Fuaddi %A Tomoliyus, Tomoliyus %B Ilmu Keolahragaan %D 2019 %F UNY:67814 %I Program Pascasarjana %K intrumen penilaian autentik, penilaian autentik, rubrik penilaian %T Pengembangan Rubrik Penilaian Autentik untuk Menilai Hasil Pembelajaran Permainan SepakBola pada Siswa SMP. %U http://eprints.uny.ac.id/67814/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan intrumen penilaian autentik materi permainan sepakbola yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dan karakteristik anak di SMP, serta mengembangkan intrumen penilaian autentik materi permainan sepakbola di SMP yang memiliki tingkat validitas dan reliabilitas yang baik. Penelitian ini merupakan research and development dengan Model 4-D yang meliputi empat tahapan: define (pendefinisian), design (perencanaan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa intrumen pengamatan yang dilengkapi dengan rubrik penskoran. Sampel pada penelitian ini terdiri dari 52 siswa kelas VII yang ditentukan menggunakan teknik sampel penuh. Populasi penelitian yaitu siswa SMP 3 dan 4 Pengasih Kulonprogo. Data uji coba diambil dengan cara pengamatan lansung dengan menggunakan intrumen penilaian yang sudah dikembangkan, untuk mencari validitas data dianalisis dengan korelasi product moment dan untuk mencari relibilitas dengan menggunakan Cronbach’s alpha. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa intrumen pengamatan yang dilengkapi dengan rubrik penskoran, memiliki validitas empirik pada masing-masing butir: pengambilan keputusan 0,735; kerjasama 0,749; kejujuran 0,559; dan pelaksanaan skill 0,747. Seluruh butir menunjukkan rhitung lebih besar dari rtabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa semua butir dinyatakan valid. Reliabilitas rubrik penilaian autentik permainan sepak bola diestimasi menggunakan koefisien alpha sebesar 0,772, dengan demikian dapat disimpulkan sudah reliabel.