%0 Thesis %9 S3 %A Mubarok, M. Husni %A Sudrajat, Ajat %B Ilmu Pendidikan %D 2019 %F UNY:67811 %I Program Pascasarjana %K model pendidikan profetik, pendidikan profetik, perguruan tinggi %T Model Pendidikan Profetik di Perguruan Tinggi %U http://eprints.uny.ac.id/67811/ %X Pelaksanaan pendidikan profetik diperlukan untuk mengajarkan kepada generasi muda mengenai nilai-nilai profetik yang penting bagi kehidupan. Model pendidikan dalam pembelajaran yang digunakan untuk menanamkan nilai-nilai profetik adalah model pendidikan profetik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk; (1) model pendidikan profetik yang dapat mewujudkan tujuan pendidikan profetik di perguruan tinggi, (2) keterlaksanaan penerapan model pendidikan profetik dalam pembelajaran profetik di perguruan tinggi, (3) menganalisis kemampuan model pendidikan profetik dalam menanamkan nilai-nilai profetik dalam diri mahasiswa di perguruan tinggi, dan (4) menganalisis tanggapan mahasiswa terhadap model pendidikan profetik dalam pembelajaran profetik di perguruan tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research & Development). Penelitian ini menggunakan Subjek coba pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dan PGSD Angkatan 2016 di STKIP PGRI Sidoarjo dan mahasiswa Angkatan 2017 di Akademi Farmasi (AKFAR) Surabaya. Tujuan pendidikan digunakan sebagai dasar untuk membuat narasi dari analisis data deskriptif kualitatif yang dilakukan. Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif yang meliputi analisis keterlaksanaan, keefektifan, kepraktisan, dan kevalidan model. Analisis deskriptif dan perhitungan tingkat percentages of agreements antar penilai dilakukan untuk menganalisis data keterlaksanaan model. Analisis deskriptif digunakan untuk menganalisis data keefektifan dan kepraktisan model. Analisis deskriptif digunakan untuk menganalisis data kevalidan model dan Coefficient Cohen's Kappa digunakan untuk mengukur tingkat kesepahaman antar penilai (inter rater reliability). Paired sample t test (uji t berpasangan) digunakan untuk menganalisis kemampuan model pendidikan profetik dalam menanamkan nilai-nilai profetik dalam diri mahasiswa di perguruan tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengembangan model diawali dengan studi pendahuluan, studi pengembangan, dan implementasi yang kemudian menghasilkan perangkat model pendidikan profetik dalam pembelajaran profetik di perguruan tinggi berupa buku panduan model pendidikan, perangkat penilaian, dan instrumen pengembangan model dalam pembelajaran untuk menerapkan nilai religius, jujur, toleran, disiplin, dan kerja keras, (2) model pendidikan dalam pembelajaran profetik di perguruan tinggi menunjukkan tingkat keterlaksanaan yang tergolong sangat baik, memenuhi kriteria sangat efektif, sangat praktis, dan valid karena disusun berdasarkan landasan berpikir yang rasional dengan teori pendukung yang kuat dan relevan, (3) model pendidikan profetik dalam pembelajaran profetik yang dikembangkan mampu menanamkan nilai-nilai profetik dalam diri mahasiswa di perguruan tinggi, dan (4) mahasiswa memiliki respon yang sangat positif terhadap model pendidikan profetik dalam pembelajaran profetik di perguruan tinggi.