%0 Thesis %9 S3 %A Suripah, Suripah %A Suyata, Suyata %B Ilmu Pendidikan %D 2019 %F UNY:67808 %I Program Pascasarjana %K model pedagogical content knowledge %T Pengembangan Model Penyiapan Pedagogical Content Knowledge (PCK) Calon Guru Melalui Program Perkuliahan Perencanaan Pembelajaran Matematika. %U http://eprints.uny.ac.id/67808/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model penyiapan pedagogical PCK calon guru (MPPCKCGu) melalui program perkuliahan perencanaan pembelajaran matematika (PPM) yang layak untuk digunakan yaitu memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan merancang dan mengimplementasikan pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, menggunakan model pengembangan Plomp. Prosedur pengembangan terdiri atas tiga fase yaitu: (1) preliminary research; (2) development or prototyping phase; (3) assessment phase. Subjek penelitian adalah mahasiswa pendidikan matematika semester V, dan dosen di Pekanbaru-Riau. Data yang dikumpulkan berupa: (1) data kuantitatif: skor kevalidan, kepraktisan dan keefektifan produk, dan (2) data kualitatif: saran perbaikan produk oleh para validator atau praktisi, serta komentar dari mahasiswa terkait pelaksanaan model perkuliahan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa (1) lembar validasi model perkuliahan; (2) lembar validasi RPS dan SAP; (3) lembar validasi LKM; (4) lembar validasi bahan ajar; (5) lembar penilaian kepraktisan dari dosen; (6) lembar penilaian kepraktisan dari mahasiswa; (7) lembar observasi keterlaksanaan perkuliahan; (8) tes penguasaan konsep materi trigonometri; dan (9) tes pedagogical content knowledge (PCK). Alur model penyiapan PCK calon guru meliputi: (1) menyiapkan, (2) menggali informasi, (3) menganalisis, (4) merancang, (5) menyajikan, dan (6) menyimpulkan. Produk yang dihasilkan berupa model penyiapan PCK calon guru beserta panduan model dan perangkat pendukung pelaksanaan perkuliahan berupa SAP, LKM, bahan ajar dan penilaian berupa tes konten dan angket PCK. Hasil analisis menunjukkan bahwa MPPCKCGu dan perangkat pendukungnya memiliki tingkat kevalidan sangat baik. Hasil uji coba memenuhi kriteria praktis. Hasil penilaian dosen menunjukkan kepraktisan dengan kriteria sangat baik. Respon mahasiswa menunjukkan kepraktisan dengan kriteria baik. Hasil observasi keterlaksanaan perkuliahan, menunjukkan bahwa MPPCKCGu terlaksana sebesar 86,1%. Calon guru dapat mengembangkan analisis konsep, menyusun peta konsep, mengembangkan Content Representations (CoRes), mengembangkan Pra- Pedagogical and Professional-experience Repertoires (PaP-eRs), merancang pengajaran matematika dalam bentuk pengembangan silabus, pengembangan RPP, dan mengimplementasikan pengajaran matematika dalam bentuk simulasi pembelajaran terbatas semuanya dengan kualifikasi baik. Berdasarkan hasil evaluasi perkuliahan mahasiswa menunjukkan bahwa MPPCKCGu efektif untuk meningkatkan kemampuan merancang dan mengimplentasikan pembelajaran matematika.