%0 Thesis %9 S2 %A Astuti, Laily Puji %A Wangid, Muhammad Nur %B Bimbingan dan Konseling %D 2019 %F UNY:67804 %I Program Pascasarjana %K kemandirian belajar, motivasi belajar, teknik cognitive restructuring %T Efektivitas Teknik Cognitive Restructuring terhadap Motivasi Belajar dan Kemandirian Belajar Siswa kelas VIII di MTs N 6 Bantul Yogyakarta. %U http://eprints.uny.ac.id/67804/ %X Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan efektivitas teknik cognitive restructuring pada: (1) peningkatan motivasi belajar dan (2) kemandirian belajar siswa kelas VIII MTs N 6 Bantul Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah experiment semu. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Sampel penelitian ini adalah 12 siswa yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah skala motivasi belajar dan kemandirian belajar. Uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik non-parametrik dengan Uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) teknik cognitive restructuring efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII (sig.= 0,027<0,05); (2) teknik cognitive restructuring efektif dalam meningkatkan kemandirian belajar (sig.= 0,024<0,05). Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik cognitive restructuring efektif dalam peningkatan motivasi belajar dan kemandirian belajar siswa kelas VIII MTs N 6 Bantul Yogyakarta.