%I Program Pascasarjana %D 2019 %T Pengembangan Instramen Penilaian Sikap Sosial Siswa Sekolah Menengah Pertama. %L UNY67803 %X Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan: (1) struktur komponen dan indikator sikap sosial siswa SMP, (2) instrumen penilaian sikap sosial siswa sekolah menengah pertama yang valid dan reliabel. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D). Proses pengembangan ini menggunakan 9 langkah dari l0 langkah model yang dikembangkan Borg dan Gall, Jumlah subjek uji coba lapangan pendahuluan 40 orang, subjek uji coba diperluas 80 orang, dan subjek uji coba operasional 309 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan teknik FGD, Delphi, kuesioner, observasi, dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru SMPN dan SMPS di Kabupaten Lamongan. Pengujian validitas dan reliabilitas konstruk sikap sosial siswa menggunakan conJirmatory factor analysis (CFA) dengan program LISREL. Pengujian model konstruk menggunakan (l) Chi Square, (2) RMSEA5 dan (3) CFL Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) komponen konstruk sikap sosial siswa SMP terdiri atas aspek jujur, disiplin, tanggung jawab, santurq toleransi, dan gotong royong. Enam aspek sikap sosial siswa tersebut mempunyai 29 indikator dan 54 butir pernyatam (2) instrumen sikap sosial siswa SMP yang telah teruji secaf,a empiris menggunakan CFA hasilnya semua butir instrumen valid dan instrumen reliabel. Model Pengukuran sikap sosial siswa yang disusun berdasarkan konstruk sikap sosial siswa y't (cocok) dengan model yarrg diteorikan G: 409.q9; b) :0.07; RMSEA: 0.019; dan CFI: 0,99). %K penilaian, instrumen, sikap sosial. %A Suparto Suparto %A Budiyono Budiyono