%0 Thesis %9 S1 %A Sri Dwi, Handayani %B Fakultas Ilmu Pendidikan UNY %D 2020 %F UNY:67786 %I PAUD %T KEMAMPUAN MENGENAL HURUF PADA ANAK DI KELOMPOK B TK ABA KALIBULUS BIMOMARTANI KECAMATAN NGEMPLAK %U http://eprints.uny.ac.id/67786/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan mengenal huruf pada anak di kelompok B TK ABA Kalibulus Bimomartani kecamatan Ngemplak yang dengan latar belakang belum adanya data riil tentang kemampuan mengenal huruf pada anak di kelompok B seiring telah berjalannya kerjasama antara TK ABA Kalibulus dengan Perpustakaan keliling Daerah Istimewa Yogyakarta. Peneliti ingin mencari tahu pengaruh literasi terhadap kemampuan mengenal huruf. Kemampuan mengenal huruf dalam penelitian ini meliputi kemampuan menunjuk huruf, kemampuan menyebutkan bunyi huruf, dan kemampuan menyebutkan huruf awal yang sama pada suatu gambar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Terdapat 1 variabel dalam penelitian ini yaitu kemampuan mengenal huruf, serta ada dua indikator yaitu (1) Indikator menyebutkan simbol-simbol huruf yang dikenal dan (2) Indikator menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi/huruf awal yang sama. Penelitian ini menggunakan bantuan media kartu huruf. Subjek penelitian ini merupakan anak TK kelompok B di TK ABA Kalibulus sebanyak 26 orang. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar anak (16 anak) atau 61,5% mampu mengenal huruf a-z; sedangkan untuk kemampuan mengenal huruf vokal terdapat 18 anak atau 69% mampu mengenal huruf vokal dengan baik dan 13 anak atau 50% anak mengenal huruf konsonan; dan terdapat beberapa huruf yang sulit dikenal anak berada pada kelompok huruf b-d-p-q dengan persentase 62%. Kata kunci: mengenal huruf, TK kelompok B