%D 2020 %I PAUD %T PENANAMAN KEMANDIRIAN PADA ANAK KELOMPOK BERMAIN DI BINA AKHLAQ PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA %L UNY67785 %A Liana Ain Ulida %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanaman kemandirian pada anak Kelompok Bermain di Bina Akhlaq, peran pendidik dalam penanaman kemandirian, faktor pendukung dan faktor penghambat serta cara untuk mengatasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah pendidik, anak-anak, orang tua dan kepala Kelompok Bermain di Bina Akhlaq. Data dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi kemudian dianalisis menggunakan model analisis Interaktif Miles dan Huberman. Data-data hasil penelitian diuji kembali keabsahannya dengan menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Proses penanaman kemandirian pada anak Kelompok Bermain di Bina Akhlaq dilakukan melalui: a) perencanaan dengan memasukkan materi kemandirian ke dalam kegiatan pembelajaran, b) pelaksanaan penanaman kemandirian dimulai dengan melatih anak untuk dapat bergabung dengan lingkungan sosial, c) evaluasi pembelajaran digunakan untuk mengetahui capaian kemandirian anak 2) Peran pendidik mengajarkan anak dari awal, selalu memberikan contoh, membimbing anak yang belum mampu melakukan tugas kemandirian, mengarahkan anak untuk menyelesaikan tugasnya, dan memberikan dorongan kepada anak; 3) Faktor yang mendukung dalam penanaman kemandirian yaitu, pengembangan aspek kemandirian dalam kurikulum yang dituangkan dalam kegiatan sehari-hari anak, dukungan fasilitas lembaga, komitmen warga sekolah, pembiasaan yang konsisten dan dukungan dari orang tua; 4) Faktor penghambat dalam penanaman kemandirian yaitu pola asuh keluarga yang berbeda-beda pada setiap anak. Faktor penghambat diatasi dengan melatih secara rutin dan mengkomunikasikan pola asuh anak dengan orang tua. Kata kunci: penanaman kemandirian, anak kelompok bermain