TY - THES N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengetahui pengaruh model Inkuiri terbimbing berbantuan ICT yang layak digunakan pada pembelajaran biologi dalam mata kuliah Anatomi Fisiologi Manusia dalam rangka meningkatkan kemampuan TPACK, KPS, Cusiority Mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi Universitas Syiah Kuala. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) model Borg & Gall. Hasil penelitian meliputi perangkat perkuliahan Anatomi Fisiologi Manusia yang terdiri dari RPS, modul, LKM, media pembelajaran, dan instrument penilaian. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh data tentang Technological Knowledge mahasiswa pada kelas uji terbatas dan kelas uji coba luas memiliki nilai yang berbeda, berada pada kategori baik dan sangat baik. Untuk Content knowledge pada uji terbatas nilai rata-rata pemahaman konsep mahasiswa tahap uji terbatas dan luas menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep mahasiswa setelah penerapan model Inkuiri terbimbing. Untuk penilaian Pedagogical Knowledge persentase aspek Pedagogical Knowledge mahasiswa berada pada kategori baik pada rumusan tujuan/indikator RPP dan kesesuaian rencana pembelajaran sedangkan tahap uji coba luas semua aspek penilaian pengetahuan pedagogik mahasiswa berada pada kategori sangat baik. Penelitian tentang KPS hasil analisis Keterampilan Proses Sains mahasiswa menunjukkan adanya peningkatan selama penerapan model Inkuiri terbimbing berbantuan ICT dalam proses pembelajaran. Peningkatan terjadi pada setiap aspek keterampilan proses sains yang meliputi mengamati atau observasi, mengelompokkan atau klasifikasi, meramalkan atau prediksi, inferensi, berhipotesis, interpretasi data, merencanakan percobaan, dan berkomunikasi. Untuk Curiosity Model Inkuiri terbimbing berbantuan ICT yang dikembangkan mampu meningkatkan Curiosity mahasiswa karena dirancang dengan mengoptimalkan potensi mahasiswa untuk mengkonstruksi pengetahuannya karena model Inkuiri terbimbing meliputi berbagai aktivitas seperti mengajukan pertanyaan, mengajukan, melakukan pengamatan, mengumpulkan data, interpretasi data, dan menyimpulkan yang mendorong keterlibatan mahasiswa di dalam proses pembelajaran. Simpulan dari penelitian ini adalah model Inkuiri terbimbing berbantuan ICT yang dikembangkan layak, praktis dan efekif untuk pembelajaran biologi dalam mata kuliah Anatomi Fisiologi Manusia dalam rangka meningkatkan kemampuan TPACK, KPS dan Curiosity mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi Universitas Syiah Kuala Y1 - 2019/10/22/ A1 - Irdalisa, Irdalisa A1 - Suyanto, Slamet PB - Program Pascasarjana AV - restricted KW - Inkuiri Terbimbing KW - ICT KW - TPACK KW - KPS KW - Curiosity TI - Pengembangan Model Inkuiri Terbimbing berbantuan ICT Untuk Meningkatkan Kemampuan Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK), KPS, Curiosity Mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi Universitas Syiah Kuala. ID - UNY67779 M1 - disertasi UR - http://eprints.uny.ac.id/67779/ ER -