%0 Thesis %9 S2 %A Nugraha, Nanda Chandra %A Amiseno, Abdul Gafur Dami %B Teknologi Pembelajaran %D 2019 %F UNY:67773 %I Program Pascasarjana %K e-dictionary, minat belajar, pronunciation, vocabulary %T Pengembangan E-dictionary Vocabulary dan Pronunciation untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Kemampuan Pengucapan Bahasa Inggris Siswa SMA N 1 Pengasih. %U http://eprints.uny.ac.id/67773/ %X Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan: (1) kelayakan, dan (2) efektivitas media e-dictionary vocabulary dan pronunciation sebagai media untuk meningkatkan minat belajar dan kemampuan pengucapan bahasa Inggris siswa. Penelitian ini merupakan research and development yang menggunakan model pengembangan ADDIE dengan tahapan analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Tahap pengembangan melalui dua pengujian, yaitu uji coba ahli dan uji coba lapangan. Uji coba ahli yang dilakukan oleh ahli media dan ahli materi dengan mengisi instrumen penilaian. Kemudian, uji coba lapangan terdiri atas uji coba lapangan awal, utama, dan operasional kepada siswa dengan pengumpulan data berupa pretest dan posttest. Data yang didapatkan kemudian dihitung dan dikonversi ke dalam bentuk deskripsi kualitas dan efektivitas media dalam pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) e-dictionary vocabulary dan pronunciation yang dikembangkan berada pada kategori “layak” menurut ahli media, dengan skor rata-rata 3,09; “sangat layak” menurut ahli materi, dengan skor rata-rata 3,41; “sangat layak” menurut guru Bahasa Inggris, dengan skor rata-rata 3,59; dan “sangat layak” menurut siswa, dengan skor rata-rata 3,49; (2) e-dictionary vocabulary dan pronunciation yang dikembangkan masuk dalam kategori efektif berdasarkan observasi minat belajar, dengan 81,36% dan berdasarkan angket minat belajar dengan N-Gain Score 0,36, dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil belajar melalui pretest dan posttest dengan N-Gain Score 0,48 dan 0,37 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil tersebut, e-dictionary vocabulary dan pronunciation yang dikembangkan tersebut efektif untuk meningkatkan minat belajar dan kemampuan pengucapan Bahasa Inggris siswa.