%0 Thesis %9 S2 %A Wangulangu, Deniyanto Diwa %A Surjono, Herman Dwi %B Teknologi Pembelajaran %D 2019 %F UNY:67772 %I Program Pascasarjana %K web pembelajaran, keterampilan dasar mengajar %T Pengembangan Web Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa LPTK. %U http://eprints.uny.ac.id/67772/ %X Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menghasilkan web pembelajaran keterampilan dasar mengajar yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa LPTK, (2) mengetahui kelayakan web pembelajaran keterampilan dasar mengajar, dan (3) mengetahui efektivitas web pembelajaran keterampilan dasar mengajar. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan, yang mengacu pada model pengembangan Alessi and Trollip, yang mencakup 3 tahapan: perencanaan, perancangan, dan pengembangan. Evaluasi dilakukan secara berkelanjutan pada setiap tahapan untuk menilai kualitas produk yang dikembangkan. Uji kelayakan produk dilakukan dalam dua tahap, yakni uji alpha dan uji beta. Uji alpha merupakan proses validasi produk oleh ahli materi dan ahli media. Sedangkan uji beta meliputi, uji beta 1 pada 6 orang mahasiswa, dan uji beta 2 sekaligus uji efektivitas dilakukan pada kelompok yang berbeda, yakni 20 orang mahasiswa. Subjek uji beta adalah mahasiswa semester 6 pada Program Studi Ilmu Pendidikan Teologi UKAW Kupang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala, lembar observasi, dan tes Hasil penelitian ini meliputi: (1) sebuah produk web pembelajaran keterampilan dasar mengajar yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa LPTK yang dibuktikan dari respon mahasiswa pengguna yang termasuk kategori “sangat setuju”. (2) Web pembelajaran dinyatakan layak digunakan sebagai media untuk meningkatkan keterampilan dasar mengajar, yang ditunjukkan dari hasil penilaian ahli materi, ahli media, dengan skor rata-rata 3.75, yakni pada kategori “sangat layak”. (3) Web pembelajaran yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan keterampilan dasar mengajar berdasarkan perolehan nilai gain sebesar 0.43, dan berdasarkan pada peningkatan rata-rata praktik keterampilan dasar mengajar sebelum dan sesudah penggunaan web pembelajaran dengan persentase selisih sebesar 22,47%, menunjukkan peningkatan dengan kategori “sedang”.