%0 Thesis %9 S2 %A Izzah, Dina Merlinda %A Rochayati, Umi %B Pendidikan Teknik Elektonika dan Informatika %D 2019 %F UNY:67766 %I Program Pascasarjana %K kebutuhan DU/DI, kompetensi, lulusan SMK, teknik komputer dan jaringan %T Analisis Kompetensi Lulusan SMK Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) Berdasarkan Standar Kebutuhan Dunia Usaha/Dunia Industri (DU/DI). %U http://eprints.uny.ac.id/67766/ %X Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kompetensi yang dibutuhkan DU/DI dari lulusan SMK kompetensi keahlian TKJ (2) mengetahui alasan dibutuhkannya suatu kompetensi bagi DU/DI, (3) mengetahui persentase tingkat kesesuaian antara kompetensi yang diajarkan di sekolah dengan kompetensi yang dibutuhkan oleh DU/DI terhadap lulusan SMK kompetensi keahlian TKJ. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran SMK kompetensi keahlian TKJ. Adapun objek penelitiannya adalah kompetensi lulusan SMK kompetensi keahlian TKJ yang dibutuhkan DU/DI. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket. Angket terdiri dari kompetensi pengetahuan, keterampilan, sikap, dan moral. Kompetensi pengetahuan mengacu dari KD pada KI-3, kompetensi keterampilan mengacu dari KD pada KI-4, sikap dan moral mengacu dari standar yang harus dimiliki tenaga kerja. Kurikulum yang diimplementasikan pada penelitian ini adalah K-13 sebelum revisi dan K-13 Revisi 2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kompetensi yang dibutuhkan dari lulusan SMK kompetensi keahlian TKJ terdapat pada KD mata pelajaran serta standar sikap dan moral tenaga kerja. Terdapat kompetensi yang dibutuhkan DU/DI namun belum terdapat pada K-13 sebelum revisi dan K-13 Revisi 2017. Kompetensi tersebut yakni pada mata pelajaran Teknologi Layanan Jaringan yakni penerapan video, streaming, chat, aplikasi, game, web, email, dan SSH pada jaringan. Pada mata pelajaran Sistem Operasi Jaringan yakni pengenalan tentang linux. Pada mata pelajaran Pemrograman Dasar yakni pemrograman berorientasi objek; (2) alasan pentingnya suatu kompetensi dasar bagi DU/DI yakni karena teknologi yang diajarkan di sekolah sesuai dengan yang diterapkan di DU/DI, kompetensi dasar tersebut masih dibutuhkan oleh DU/DI, dan mendukung perkembangan IT; dan (3) terdapat kesesuaian antara kompetensi yang diajarkan di sekolah dengan kompetensi yang dibutuhkan oleh DU/DI terhadap lulusan SMK kompetensi keahlian TKJ.